ADV2 ADV2 ADV2

KPMIBMS Rencanakan Pagelaran Festival Budaya Se BMR

Share This:

 

Tarian Kabela sebagai salah satu khazanah budaya Bolaang Mongondow Raya

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL – Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Selatan (KPMIBS) berencana akan menggelar kegiatan festival budaya se Bolaang Mongondow Raya (BMR). Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Panitia kegiatan itu Pendri Pabela, kepada beritatotabuan.com, Kamis (04/10/2017). “Kegiatannya direncanakan akan mulai digelar pada 25-28 Oktober bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda,” ujar Pandri.

Dirinya menambahkan, kegiatan tersebut direncanakan akan dibuka langsung oleh Pemerintah Kabupaten Bolmong Selatan selaku tuan rumah dalam kegiatan itu. “Adapun beberapa lomba yang nantinya akan digelar dalam kegiatan tersebut diantaranya Lomba tari-tarian khas semua daerah se BMR, lagu daerah, karya tulis ilmiah tentang budaya masing-masing daerah, busana tradisional dan lomba permainan tradisional,” jelasnya,

Dirinya mengatakan,  dalam kegiatan tersebut juga  tiap-tiap organisasi paguyuban akan mendelegasikan 30 peserta sehingga dengan keselurah peserta paguyuban se bmr yg akan masuk berkisar 600 lebih peserta. “Kita sudah mengkordinasikan ini dengan pemkab Bolsel, dan disambut baik. Semoga kegiatan ini bisa mendorong terawatnya nilai-nilai tradisi dan budaya di masing-masing daerah,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua KPMIBSWahyu Pulumuduyo  mengatakan kegiatan festival budaya ini sebagai wujud inplementasi dari eksistensi KPMIMS.”K egiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi pembentukan sikap terhadap adat dan seni budaya untuk mempertahankan kebudayaan bolaang mongondow, serta menambah kreatifitas pencinta adat dan seni budaya dalam melawan arus globalisasi yang terus merengsek masuk di setiap daerah,’ jelas Wahyu.

Dirinya pun berharap agar kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut mendapatkan dukungan dari berbagai macam kalangan k hususnya masyarakat se Bolaang Mongondow Raya. “Kami sangat berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Bolsel yang selama ini merespon baik serta memberikan dukungan akan kegiatan yang akan kami gelar tersebut,” tutupnya. (hamka taamole)

 

author

Author: