ADV2 ADV2

Coklit Data Pemilih di Bolmong Mulai Dilakukan

Share This:

 

Isnaidin Mamonto dan Daendels Somboadile

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih di Kabupaten Bolaang Mongondow, dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif tahun 2019 mulai digulir oleh KPU Kabupaten Bolmong. Hal tersebut dikatakan oleh Komisioner KPU Bolmong yang membidangi divisi teknis dan data, Isnaidin Mamonto kepada beritatotabuan.com, Selasa (17/04/2018) kemarin. “Tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan Umum..dimana tahapan pemutakhiran data pemilih menentukan bagi tahapan Pemilu selanjutnya,” ucap Mamonto.

Proses Coklit itu sendiri, menurut Mamonto akan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang tersebar di 202 Desa dan Kelurahan yang ada di daerah itu. “Untuk maksud tersebut maka mulai hari ini (kemarin.red) 17 April sampai 16 Mei 2018 nanti KPU Bolmong melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih,” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Bolmong lainnya yang membidangi divisi sosialisasi, Daendels Somboadile mengatakan kalau proses coklit tersebut akan digelar serentak selama hampir sebulan penuh. “Kami berharap tahapan ini dapat direspon dengan baik oleh setiap warga negara khususnya yang wajib pilih. Misalnya dapat menerima petugas kami, dalam hal ini Pantarli dengan memberikan KTP dan Kartu Keluarga,” imbuh Daendels.

Kegiatan tersebut dikatakan Daendels, diharapkan dapat terlaksana secara cermat, tertib,  efektif, akuntabel dan muktahir sehingga kualitas daftar pemilih menjadi semakin lebih baik. “Ini menyangkut hak politik warga negara. Untuknya, kami akan tetap memberikan pelayanan agar hak politik tersebut terpenuhi, sehingga pada saat proses Pemilu nanti, semua wajib pilih bisa mendapatkan hak untuk memilih dan menyalurkan hak pilih mereka,” tuturnya. (mg2/jun)

 

Tags:
author

Author: