ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

Temuan Guci Antik di Upai, Bakal Diteliti oleh Badan Arkeologi Sulut

Share This:

 

Pengadaan Peralatan Pusat Data Pemerintahan Kotamobagu Segera Dilelang

Agung Adati ST MSi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Ditemukannya salah satu guci peninggalan jaman dahulu oleh salah seorang warga Kelurahan Upai, Tomi Mamonto, ternyata ikut menarik perhatian dari Pemkot Kotamobagu dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotamobagu. Hal tersebut tercermin dari pernyataan Kepala Disbudpar Kotamobagu Agung Adati ST MSi, yang mengatakan kalau pihaknya dalam waktu dekat, akan menemui warga yang menemukan guci tersebut.

“Kita akan datangi warga tersebut, untuk pengambilan data awal, guna memastikan apakah guci yang ditemukan tersebut masuk dalam kategor benda kuno dan antic atau tidak,” ucap Agung.

Selanjutnya, kata Agung pihaknya akan melakukan kordinasi dengan Balai Pengujian Benda Purbakala di Provinsi Sulut guna memastikan asal-muasal benda tersebut. “Kami kira ini menjadi penemuan penting yang perlu ditindaklanjuti. Nanti kita akan melakukan kordinasi dengan Balai Arkeologi Privinsi Sulawesi Utara, sebagai lembaga yang berkompeten meneliti dan menangani benda bersejarah,” tambahnya.

Agung mengatakan, jika keberadaan benda tersebut,  benar merupakan benda purbakala, maka hal itu akan menjadi petunjuk dalam memperdalam khazanah pengnetahuan tentang peradaban orang mongondow. (febri limbanon)

 

Tags:
author

Author: