ADV2 ADV2

PWI Bolmut Gelar UKW, 14 Wartawan Jalani Ujian Dari Pengurus Pusat

Share This:

 

Satrin Lasama, Ketua PWI Bolmut

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XVII kepada 14 jurnalis. Uji kompetensi yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 – 10 November 2018 ini tercatat sudah ketiga kalinya digelar oleh PWI Kabupaten Bolmut.

Ketua PWI Bolmut Satrin Pier Lasama menuturkan, pelaksanaan UKW ini bertujuan menghasilkan para wartawan yang berkompeten dalam melaksanakan aktifitas jurnalistik. Selain itu, juga untuk mendapatkan pengakuan dari Dewan Pers melalui diterbitkanya Sertifikat Kompetensi secara berjenjang. Baik kepada Wartawan Muda untuk Reporter, Madya Sekelas Redaktur, maupun pada jenjang Wartawan Utama setingkat Redaktur Pelaksana sampai Pemimpin Redaksi.

Namun kata Lasama, untuk pelaksanaan UKW PWI Sulut angkatan XVII di Kabupaten Bolmut ini hanya akan menguji atau mensimulasi aktifitas sehari krpada 14 wartawan pada Jenjang Muda. “Kami sebenarnya akan membuka janjang Madya dan Utama, namun rata-rata memenuhi persyaratan. Sehingga itu yang dibuka hanya pada jenjang wartawan muda,” terangnya.

Lebih lanjut Ketua PWI Bolmut dua periode ini menjelaskan bahwa dari sekitar 40 wartawan yang melaksanakan profesinya di Kabupaten Bolmut, tercatat sudah ada 28 wartawan yang dinyatakan berkonpeten oleh Dewan Pers RI. Hal tersebut dapat dilihat di situs resmi Dewan Pers RI. Dari 28 wartawan yang kompeten, juga tercatat sudah ada 4 wartawan sejak tahun 2017 silam telah lulus KUW pada Jenjang Madya. “Sisanya, masih ada 12 wartawan yang akan diuji kompetensinya oleh Tim Penguji yang berasal dari PWI Pusat. Jka kesemuanya dinyatakan berkompeten, maka secara keseluruhan wartawan yang di Kabupaten Bolmut sudah mengantongi sertifikat dari Dewan Pers RI. Ini adalah salah satu komitmen saya  sebelum mengakhiri jabatan sebagai Ketua PWI periode kedua pada akhir tahun 2019 mendatang,” jelas Lasama yang juga Kepala Biro Harian Metro Manado.(i-one)

author

Author: