ADV2 ADV2

Sejumlah Sungai di Boltim Tercemar Bakteri E Coli

Bagikan Artikel Ini:

 

Ilustrasi

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Sejumlah sungai yang ada di Kabupaten Bolaang Mogondow Timur, terindikasi kuat tercemar sejumlah bakteri khususnya bakteri Escherichia Coli atau yang lebih dikenal dengan E Coli.

“Tahun lalu kami sempat mengambil sampel ai di tiga sungai yakni Sungai Buyat, Motongkad dan Nuangan. Dimana dari pemeriksaan di Laboratorium dari sampel air  sungai-sungai tersebut tercemar bakteri E Coli yang dapat menyebabkan diare,” ucap  Kepala Bidang Persampahan, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Reza Pahlevi.

Dikatakan Reza bakteri tersebut cukup membahayakan tubuh manusia, sebab bisa menyebabkan diare bahkan ke penyakit infeksi usus. “Memang ait sungai yang tercemar bakteri tersebut masih bisa dikunsimsi warga, tetapi harus dimasak dengan benar sampai mendidih. Bahkan, ketika mendidih harus dibiarkan terlebih dahulu diatas suhu panas rata-rata agar bakteri yang ada bisa mati,” tambahnya.

Untuk penyebab munculnya bakteri E Coli dalam sungai tersebut, Reza menyebut kalau kesadaran masyarakat untuk tidak membuang kotoran di sungai sangat menentukan penyebaran bakteri tersebut. “Bakteri itu juncul karena kotoran manusia dan hewan. Tetapi lebih banyak diakibatkan oleh kotoran manusia. Untuknya, kami harap hal ini bisa jadi perhatian bersama,” tuturnya. (mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.