Hadiri Nuzulul Quran, Penjabup Limi Mokodompit Paparkan Soal Toleransi di Bolmong

Bagikan Artikel Ini:

 

Hadiri Nuzulul Quran, Penjabup Limi Mokodompit Paparkas Soal Toleransi di Bolmong

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG –Peringatan malam Nuzulul Quran tingkat Kabupaten, di Desa Bumbung Kecamatan Lolak, Jumat 7 April 2023,  dihadiri langsung Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir. Limi Mokodompit MM.

Didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bolmong, Ny. Iryanti Suleha Uswasnas Mokodompit, serta dihadiri Ketua DPD KNPI Bolmong Feramita Tifani Mokodompit, dalam sambutannya Limi memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Terima kasih atas sambutan dan kebersamaan kita semua, ini suatu potret kebersamaan dan keberagaman, dimana disini pluralisme sangat dijunjung, terbukti dengan kehadiran saudara – saudara kita non muslim dari desa Buntalo bersatu di acara Nuzulul Quran, mencerminkan sikap toleransi yang patut dicontohi,” ucap Limi Mokodompit.

Hadiri Nuzulul Quran, Penjabup Limi Mokodompit Paparkas Soal Toleransi di Bolmong

Limi mengatakan, kalau kehidupan yang berdampingan antar umat beragama, merupakan bukti rasa toleransi yang tinggi. “Terbukti, kita bisa merayakan natal dan tahun baru dengan tentram dan aman, serta malam hari ini kita bisa melaksanakan Nuzulul Quran dan menjalankan ibadah puasa penuh berkah ini dengan suasana nyaman dan damai. Semua ini tidak lepas dari peran serta para pemimpin kita dan para tokoh-tokoh Bolmong yang memegang teguh dasar-dasar kebersamaan pluralisme yang diwariskan nenek moyag kita sejak dahulu,” ujar Bupati Limi.

Pada kesempatan tersebut, Limi juga ikut memberikan penyampaian terkait beberapa capaian pemerintah daerah, selama masa kepemimpinannya, dalam kurun waktu 11 bulan terakhir.  “Yang pertama terkait infastruktur. Dimana sejak tahun 2022 hingga sekarang, pembangunan pra sarana kesehatan puskesmas dan program pertanian, telah terlaksana dengan baik. Sehingga dengan capaian ini, hasil evaluasi provinsi menyatakan Bolmong adalah salah satu daerah pengelolah DAK terbaik se-Sulut,” ungkap Limi.

Hadiri Nuzulul Quran, Penjabup Limi Mokodompit Paparkas Soal Toleransi di Bolmong

Terkait Inflasi, Limi mengatakan kalau pihaknya telah membentuk tim TPID dan melakukan berbagai langkah-langkah dalam rangka menekan lajunya inflasi dengan melakukan intervensi lewat kegiatan pasar murah, program penguatan ketersediaan pangan, serta pengawasan terhadap perkembangan harga sembako dan komoditi pangan. “Bahkan ada bebrapa harga pangan mengalami deflasi hingga diangka 1 persen. Dan sampai hari ini ketersediaan pangan dan kestabilan harga, Alhamdulillah masih terjaga,” tambahnya.

Menyangkut Stunting, Penjabat Bupati Limi Mokodompit menambahkan, pemerintah bekerjasama semua pihak terus melakukan upaya penurunan  pravelensi stunting sacara terintegrasi. “Awalnya angka penderita stunting berada di angka 117 anak. Nakmun lewat intervensi pemerintah lewat program – program skala prioritas serta kerjasama semua pihak, hingga tingkat penderita stunting turun menjadi 60 penderita. Dan kami menargetkan hingga berada diposisi Nol sesuai tujuan saya yakni anak- anak di Bolmong,terbebas dari stunting,” kata Bupati.

Hadiri Nuzulul Quran, Penjabup Limi Mokodompit Paparkas Soal Toleransi di Bolmong

Bupati juga mengungkapkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan jumlah perijinan investasi di Bolmong dibawah kepemerintahannya mengalami peningkatan. “Sebelumnya pertumbuhan ekonomi kita pasca Covid-19 berada di posisi 3,5 persen. Dan dengan usaha pemerintah, dalam kurun waktu 10 bulan meningkat menjadi 5,3 persen. Ini menandakan pertumbuhan ekonomi semakin membaik karena disertai adanya  perijinan investasi yang mengalami kenaikan yang sebelumnya hanya 600 lebih, sekarang mencapai 1000 lebih perijian investasi,” ungkap Bupati.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan BKSAUA Bolmong, Asisten II, Staf Khusus Bupati, Anggota dewan dari PKB Supandri Damogalad, jajaran Pemkab Bolmong, Forkopimca, para Sangadi (Kepala desa_red) se-Kecamatan Lolak, Pemerintah desa (Pemdes) Bumbung, BKMT, Remaja Mesjid Al Ikhlas, dan semua masyarakat Desa Bumbung serta dari Desa Buntalo bersatu. (advertorial)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.