Limi Menandatangani MoU Kerja Sama dengan Faperta Unsrat

Bagikan Artikel Ini:

Limi Menandatangani MoU Kerja Sama dengan Faperta Unsrat
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Penjabat Bupati Bolmong , Limi Mokodompit, menandatangani MoU kerja sama dengan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Selasa (21/06/2022).

Kadis Ketahanan Pangan I Wayan Mudiyasa dan Kadis Perkebunan Tony Toligaga, turut mendampingi Limi saat penandatangan tersebut dilaksanakan di gedung Faperta Unsrat di Kleak, Manado.

Dikatakan Limi, kerjasama itu adalah lanjutan dari kesepakatan sebelumnya antara rektor Unsrat dan mantan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow yang akan berakhir pada Juli mendatang.

“Saya hadir dalam rangka melanjutkan MOU sebelumnya, dan program ini tentu kita akan lanjutkan karena ini sangat berdampak baik bagi pengembangan pertanian di daerah kita,” kata Limi.

Diungkapkan Limi, Bolmong merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam baik lahan, laut dan kawasan yang luas seperti lahan komoditi padi, jagung, kopi, kelapa dan lain-lain.

“Nah sasaran kita ke depannya adalah untuk peningkatan produktivitas pertanian di Bolmong,” ungkap Limi.

Menurut Limi, kerjasama ke depan akan lebih bersifat strategis dan produktif.

“Sehingga dapat memiliki nilai tambah bagi petani dan masyarakat pertanian secara menyeluruh diwilayahi bolmong,” ucap Limi.

Limi pun berharap, dengan dukungan Faperta Unsrat akan membuat pembangunan pertanian ke depan lebih maju, mandiri dan berkesinambungan.

”Karena disini adalah orang-orang hebat, Pakar-pakarnya ada di sini, sehingga kita pemerintah harus bersinergis untuk membangun daerah,” ujar Limi.

Sementara, Dekan Faperta Unsrat Ir. Dedie Tooy MSi, PhD, mengatakan Bolmong mempunyai potensi yang besar untuk beberapa komoditi pertanian.

“Yang menarik Bolmong ini sebagai lumbung beras Sulut. Produksi padi di Bolmong bisa dilihat sangat tinggi, sebanyak 370 ribu ton dalam satu tahun,” kata Dedie.

Dengan produktivitas padi itu, menurut Dedie, tentunya sangat mendukung pangan di Sulut, bahkan diharapkan hingga ke Indonesia bagian timur. (*)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.