Cerita Bunda MMS, Soal Sejarah Nama Alun-Alun Boki Hotinimbang Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

Drs Hj Marlina Moha Siahaan

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Mantan Bupati Bolaang Mongondow yang juga dijuluki sebagai Bunda Pembaharu Tanah Totabuan Drs Hj Marlina Moha Siahaan (MMS), Jumat 01 Maret 2024 kemarin, menghadiri langsung peresmian alun – alun Boki Hotinimbang Kotamobagu.

Kepada awak media, Bunda MMS sapaan akrab Marlina sedikit mengurai sejarah dari Boki Hotinimbang, yang dijadikan nama pada alun-alun tersebut. “Boki Hontinimbang adalah ibunda dari raja Abaraham Sugeha. Kemudian memiliki anak yakni mereka adalah, Yogugup Pusung Sugeha, kemudian Abo Poma Sugeha. Nah, Abo Puma Sugeha adalah kakek kami,” kata Bunda MMS.

MMS pun menambahkan, kalau alun-alun Boki Hotinimbang Kotamobagu itu, menjadi salah satu tempat bersejarah, digagasnya pemekaran wilayah Bolaang Mongondow Raya menjadi 5 daerah Kabupaten/Kota.

“Waktu saya terpilih sebagai bupati periode kedua, pilihan pertama rakyat Bolmong, kami membuat kegiatan di tempat ini. Nah, pada saat itu, saya kemudian bernazar akan memekarkan Kabupaten Bolaang Mongondow menjadi lima daerah kabupaten kota. Pemekaran bertujuan demi mempermudah pelayanan serta kesejahteraan Masyarakat Bolmong,” jelasnya.

“Jadi cikal bakal pemekaran kabupaten Bolaang Mongondow dicanangkan di tempat ini,” tambah ibunda tercinta dari Aditya Anugrah Moha (ADM) ini.

Dalam kesempatan itu, Bunda MMS pun berterima kasih kepada Pemerintah Kota Kotamobagu, terlebih kepada Penjabat Wali Kota Kotamobagu DR Drs Hi Asripan Nani MSi, yang telah merehabilitasi dan meresmikan tempat bersejarah itu.

“Terima kasih kepada pejabat walikota dan semua jajarang, yang sudah merampungkan, Insha Allah ini akan bermanfaat bagi Masyarakat,” ungkap Bunda MMS. (jun)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.