Tekan Pencemaran Air, PUPR Kotamobagu Gelar Sosialisasi Pengembangan Sistem Air Limbah Domestik

Bagikan Artikel Ini:

Tekan Pencemaran Air, PUPR Kotamobagu Gelar Sosialisasi Pengembangan Sistem Air Limbah Domestik

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) gelar sosialisasi program pengembangan sistem air limbah domestik.

Disampaikan Kepala Dinas PUPR melalui Kepala Bidang Cipta Karya Yeyen Yambo, program tersebut untuk menekan pencemaran air di Kotamobagu.

“Tahun ini ada 6 desa dan kelurahan di 3 kecamatan yang direncanakan akan dibangun sanitasi skala individual yakni ada di Desa Poyowa Kecil, Desa Kobo Kecil, Kelurahan Gogagoman, Kelurahan Mongondow, Kelurahan Mongkonai dan Kelurahan Mongondow. Masing-masing anggarannya Rp18.500.000 per unit,” Ujarnya, Jumat 3 Mei 2024.

Lebih lanjut, 333 juta rupiah dianggarkan untuk program pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestik, bersumber pada Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2024.

“Jadi untuk satu desa dan kelurahan akan dibangun 3 unit, terdiri dari bilik dan pembuangan tangki septic tank individual,” lanjutnya.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pemerintah desa dan kelurahan terkait program tersebut.

“Muda-mudahan dengan adanya program ini, masyarakat tidak lagi buang air besar sembarangan, sehingga cita-cita Pemerintah dalam mengurangi pencemaran di daerah ini dapat terwujud,” pungkasnya.*(Angga Rasid)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.