Bentuk Protes, DPC GM GRIB Jaya Asahan Unjuk Rasa Di Mapolres Asahan dan Kejaksaan Negeri Asahan.

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, ASAHAN.

Puluhan massa yang tergabung dalam DPC Generasi Muda Gerakan Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya Kabupaten Asahan melakukan unjuk rasa di Mapolres Asahan, Selasa (11/6).

“Kedatangan kami kemari sebagai bentuk protes karena dipulangkannya kakek dan paman korban pencabulan terhadap anak dibawah umur yang terjadi di kawasan Kecamatan Simpang Empat pada beberapa waktu lalu,” jelas Fikri Munthe didampingi rekannya saat melakukan orasi.

Kegiatan ini juga, lanjut mereka, untuk mempertanyakan alasan dan dasar hukum yang dilakukan oleh oknum penyidik Polres Asahan yang menangani kasus itu karena telah memulangkan kakek dan paman korban.

“Kami minta Kapolres Asahan, AKBP Afdhal Junaidi dan Kasat Reskrim, AKP Rianto agar mundur dari jabatannya, karena diduga telah memulangkan dan melepas terduga pelakunya yaitu kakek dan paman korban,” tegas mereka.

Mereka menuding Kasat Reskrim Polres Asahan, AKP Rianto saat ini dinilai terlalu sibuk untuk urusan politik menjelang pelaksanaan Pilkada Asahan.

Setelah menyampaikan aspirasinya di depan umum, para pengunjuk rasa langsung diterima oleh Kabag Ops Polres Asahan, AKP Sastra Tarigan.

“Terimakasih atas penyampaian segala aspirasinya, persoalan ini nantinya akan disampaikan kepada Kapolres Asahan. Dikarenakan beliau saat ini lagi menunaikan ibadah haji, jadi, informasi ini akan saya sampaikan ketika beliau pulang,” terangnya.

Sementara,Ketua GM GRIB Jaya Asahan, Adi Chandra Pranata SH menilai Kabag Ops Polres Asahan dianggap tidak berkompeten untuk menjawab persoalan tersebut.

“Saya berencana akan melaporkan kasus pencabulan terhadap anak dibawah umur kepada Propam Polda Sumut dan Mabes Polri. Kami juga menyurati Kapolri dan Kapolda Sumut untuk segera mencopot jabatan Kapolres Asahan dan Kasat Reskrim Polres Asahan,” kata Chandra.

Berdasarkan pantauan, usai melakukan unjuk rasa di Mapolres Asahan, para pengunjuk rasa kemudian menuju kantor Kejaksaan Negeri Asahan untuk menyampaikan aspirasinya.

Setelah menyampaikan aspirasinya, para pengunjuk rasa langsung diterima oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Asahan, Aguinaldo Marbun,SH, MH didampingi Kasi Pidum, Naharuddin Rambe, SH.

“Semua permintaan yang disampaikan oleh rekan-rekan GM GRIB Jaya Kabupaten Asahan akan kami akomodir dan laksanakan. Kami akan meneliti lagi semua berkas yang dikirimkan pihak penyidik Polres Asahan terkait kasus tersebut,” jelas mereka.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Asahan, AKP Rianto, SH, MAP mengucapkan rasa terimakasih kepada masyarakat yang memberikan perhatian khusus terhadap perkara pencabulan tersebut.

“Kami penyidik sedang memprosesnya dengan profesional dan transparan. Semoga GM GRIB Jaya Asahan dapat terus berkontribusi dalam menyuarakan kebenaran dan keadilan di Kabupaten Asahan,” ucap Rianto saat dikonfirmasi melalui via aplikasi WhatsApp.

(DEDDY)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.