Partisipasi Pemilih di Mitra Lampaui Target Nasional untuk Pemilu 2024, KPU: Capai 89 Persen!

Bagikan Artikel Ini:

Partisipasi Pemilih di Mitra Lampaui Target Nasional untuk Pemilu 2024, KPU: Capai 89 Persen!

BERITATOTABUAN.COM, MITRA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara sukses melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pasalnya, tingkat partisipasi masyarakat di Mitra pada Pemilu 2024 melampaui target nasional yang ditetapkan oleh KPU Republik Indonesia.

Diungkap ketua divisi sosialisasi pendidikan pemilih serta parisipasi masyarakat dan sumber daya manusia ( Sosdiklih Parmas dan SDM) KPU Mitra, partisipasi masyarakat melewati angkat 77,5 persen.

Di mana, dari 89.286 yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT), 78.798 menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024.

ketua divisi sosialisasi pendidikan pemilih serta parisipasi masyarakat dan sumber daya manusia ( Sosdiklih Parmas dan SDM) Lucky Mamahit.

” Untuk jenis pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sendiri, mencapai angka 89.21 persen, DPR dan DPD berada di angka 89.09 Persen, dan DPRD Provinsi Dapil Sulut 5 mencapai angka 89.04 persen. Sementara itu, untuk DPRD Kabupaten, dari akumulasi 4 Daerah Pemilihan berada pada angka 89.01 Persen”, terangnya.

Ia menjelaskan, perbedaan presentase pada kelima jenis pemilihan, disebabkan oleh adanya Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Di mana, pemilih dalam DPTb bisa saja hanya mendapatkan 1 jenis surat suara, tergantung asal daerah pemilihan DPTb.

Selain itu, terdapat jug 454 pemilih dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) di Mitra yang menyalurkan hak pilih pada 14 Februari.

” Angka 89 persen ini merupakan capaian yang cukup tinggi pada proses pemiIu 2024, jika dilihat dari target nasional Kabupaten Mitra mampu melebih sekitar 12 persen dari target,” Pungkasnya.*(AnggaR)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.