Pastikan Situasi Kondusif, Kepala Rutan Humbang Hasundutan Melakukan Deteksi Dini Terhadap Warga Binaan.

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Humbang Hasundutan.

Menindaklanjuti surat edaran Direktur Pemasyarakatan nomor: PAS-2077. PK.08.05 Tahun 2023 tentang peningkatan kewaspadaan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Kepala rumah tahanan (rutan) Humbang Hasundutan sambangi warga binaan di setiap blok hunian.

Didampingi seluruh pejabat struktural, staff dan jajaran pengamanan, Kepala rumah tahanan Humbang Hasundutan, Sahat Parsaulian secara langsung melihat dan menyapa setiap warga binaan pada setiap kamar hunian.

Kegiatan ini disambut baik oleh para warga binaan tersebut, pasalnya dalam setiap kegiatan, Sahat Parsaulian selaku Kepala rumah tahanan Humbang Hasundutan selalu meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesah dan curhatan para warga binaan.

“Kami datang kesini untuk menyapa teman-teman warga binaan. Jika ada yang bermasalah, khususnya layanan pengajuan integrasi, layanan kesehatan, persediaan makanan dan sanitasi, maka langsung disampaikan, biar kita dapat selesaikan segera,” tutur Sahat saat mengunjungi kamar hunian.

Bukan hanya menyapa setiap kamar hunian, lanjut Sahat, dirinya juga selalu melakukan kegiatan bersih-bersih di kamar hunian serta melakukan razia insidentil guna mengamankan barang-barang terlarang dari setiap kamar hunian.

“Kegiatan pagi ini juga merupakan langkah antisipasi kita, dimana sebentar lagi kita akan menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, sehingga diharapkan kita saling menjaga satu sama lainnya,” ucapnya.

Sahat berharap kegiatan ini dapat membuat para warga binaan tersebut dapat menjadi lega karena unek-unek / problem mereka telah tersampaikan.

“Sehingga terciptalah suasana yang selalu kondusif di kawasan rumah tahanan Humbang Hasundutan. Kegiatan berjalan dengan tertib dan aman,” katanya.

Masih menurut Sahat, kegiatan ini merupakan salah satu program sebagai deteksi dini. Interaksi positif antara Kepala rumah tahanan dan warga binaan merupakan hal yang penting dalam menciptakan lingkungan yang harmonis.

“Dalam banyak kasus, warga binaan mungkin merasa terabaikan atau tidak dihargai oleh sistem. Dengan menyapa dan mendengarkan keluhan mereka, maka dipastikan dapat membangun hubungan yang lebih baik, memberikan rasa kepercayaan, dan meningkatkan motivasi warga binaan untuk berperilaku positif serta berpartisipasi dalam program pembinaan,” ungkapnya.

(DEDDY).

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.