Pemkab Asahan Terima Penghargaan Sebagai Pemda Terbaik Dengan Penyaluran Dana Desa Terbaik Tahun 2023.

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, ASAHAN.

Pemkab Asahan berhasil meraih peringkat pertama sebagai Pemerintah Daerah dengan kinerja penyaluran dana Desa terbaik sampai dengan 30 November 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan dalam rapat koordinasi pembangunan Sumatera Utara tahun 2023 di Santika Hotel Medan, Rabu (13/12)

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si menerima langsung penghargaan yang diserahkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut, Astera Primanto.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan
penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dan buku alokasi transfer ke daerah (TKD) tahun anggaran 2024 Provinsi Sumatera Utara bagi seluruh Pemda se-Sumut.

Penjabat Gubernur Sumut, Hassanudin yang menyerahkan DIPA secara digital pada kementerian/lembaga dan kabupaten/kota pun meminta setiap pihak yang menerima agar segera mengeksekusi program-program yang sudah direncanakan pada awal tahun 2024.

“Begitu diterima, langsung dieksekusi (rencana kerja/program), itu berdampak pada program yang berkaitan langsung dengan masyarakat,” kata Hassanudin.

Hassanudin mengatakan pada tahun 2024 ada lima fokus alokasi APBN seperti perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM), percepatan transformasi ekonomi hijau,

“Pemberian subsidi dan bantuan sosial yang tepat sasaran, penguatan sinergi anggaran pusat dan daerah, serta peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja negara,” ucapnya.

Dalam rangka menyukseskan dua agenda besar dimaksud, lanjut Hasanuddin, Pemprov Sumut akan meluncurkan strategi kolaborasi antar wilayah dan antar lembaga (KAWAL).

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut ,Astera Primanto mengharapkan kebutuhan belanja disusun sesuai prioritas. Transparansi dan akuntabilitas terus ditingkatkan untuk menghindari potensi korupsi.

Sementara itu, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin,S.Sos,M.Si menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras seluruh pihak yang telah berhasil melaksanakan penyaluran dana desa di Kabupaten Asahan.

“Diharapkan kinerja tersebut dapat terus ditingkatkan disegala aspek urusan pemerintahan, agar pelayanan publik kepada masyarakat dapat terlaksana dengan lancar dan berkesinambungan,” harapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolda Sumut, Ketua DPRD Sumut, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, Bupati/walikota se-Sumut, serta Kepala OPD Pemprov Sumut.

(DEDDY)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.