Peringati Harkitnas, Pemkab Boltim Yakin Persatuan Bangsa Tetap Terjaga

Bagikan Artikel Ini:

 

Suasana upacara peringatan Harkitnas ke 111 oleh Pemkab Boltim

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur Sehan Lanjdar, lewat Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hariono Sugeha, Senin (20/05/2019) pagi tadi memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111.

Dalam kesempatan tersebut, Hariono ikut membacakan sambutan Menteri Kominfo Republik Indonesia Rudiantara, yang menyentil soal kamajemukan dan persatuan bangsa saat ini. “Telah satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang di tandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrim di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini,” ujar Harino.

Oleh sebab itu, kata Harino pihaknya yakin bahwa saat ini bangsa Indonesia mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia. “Harkitnas yang bertepatan dengan Ramadhan, bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian. Apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah,” tambahnya.

Dijelaskannya, bangsa ini adalah bangsa yang besar, yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama beabad-abad. Kuncinya ada dalam Dwilingga Salin Suara Gotong Royong. “Ketika diminta merumuskan dasar negara Indonesia dalam pidato di hadapan BPUPKI, Bung Karno, menawarkan Pancasila yang berintikan lima asas. Namun bapak Proklamator Republik Indonesia tersebut juga memberikan pandangan bahwa jika nilai-nilai Pancasila tersebut diperas ke dalam tiga sila, bahkan satu “sila” tunggal, maka yang menjadi inti , core of the core, adalah gorong – royong,” papar Hariono. (mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.