Pelaku UMKM Bolmong Ikuti Pelatihan Digital

Bagikan Artikel Ini:

Pelaku UMKM Bolmong  Ikuti Pelatihan Digital
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Sebanyak 50 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bolmong mengikuti pelatihan digital, Kamis, (10/06/2021).

Pelatihan Digital bertajuk Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang dibuka oleh Asisten II Bolmong, Zainuddin Paputungan itu, digelar di hotel Sutanraja, Kota Kotamobagu, selama dua hari terhitung mulai 10 – 11 Juni 2021.

Pelatihan itu sendiri diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Kominfo Manado, dan difasilitasi oleh Dinas Kominfo Pemkab Bolmong.

“Kegiatan ini sangat penting dan strategis sebagai sarana dan wahana dalam rangka menghadapi era global dan era milenial yang penuh kompetensi saat ini,” ucap Zainuddin saat membacakan sambutan Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow.

Menurutnya, perkembangan IT sangat penting. Terlebih dalam menghadapi era globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang telah mengubah cara manusia berpikir dan berhubungan dengan manusia yang lain.

“Untuk membangun SDM yang unggul dan handal, maka Pemkab Bolmong saat ini mendorong para pelaku UMKM maupun calon wirausaha agar selalu kreatif, inovatif dan produktif dalam memanfaatkan perkembangan teknologi di situasi COVID-19,” ujarnya.

Kegiatan DEA, lanjutnya, bisa membuka dan menambah wawasan sekaligus berinovasi dalam kewirausahaan dengan konsep digital. Sehingga, diharapkan peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik.

“Sehingga, peserta pelatihan mampu menguasai aplikasi dan teknologi sistem pasar digital atau pasar online sebagai tren jual-beli masa kini, yang pada gilirannya diharapkan dapat mendongkrak nilai produk domestik regional bruto Kabupaten Bolaang Mongondow,” harapnya.

Sementara, Kepala BPSDMP Kominfo Manado Christiany Judithae mengatakan, di masa pandemi sekarang ini hampir semua kalangan beralih ke digital termasuk usaha-usaha.

“Sehingga diharapkan pelatihan ini dapat menjadi modal bagi kebutuhan langkah strategis UMKM, lebih khusus menghadapi masalah pandemi,” kata Christiany.

Diketahui, Kabupaten Bolmong menjadi daerah ke 7 dari 10 daerah yang menggelar pelatihan DEA. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.