BPBD Kembali Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrim

Bagikan Artikel Ini:
BPBD Kembali Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrim

Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Saat Mengunjungi Lokasi Bencana Beberapa Waktu Lalu

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali mengimbau kepada masyarakat di wilayah tersebut dan sekitarnya untuk mewaspadai cuaca ekstrim.

“Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan beruntun adanya hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, karenanya masyarakat diminta waspada” ucap Kepala Bidang Penanganan Darurat Bencana BPBD Pemkab Bolmong, Minggu (13/09/2020).

Selain meminta kepada pengguna jalan akan kemungkinan longsor dan pohon tumbang, Rafik juga mengingatkan bagi masyarakat di bantaran sungai untuk siaga.

“Untuk masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, jika hujan sudah terjadi lebih dari 1 jam maka segera menghindar ke tempat yang lebih aman,” ujar Rafik.

Saai ini, lanjut Rafik, pihaknya bersama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Sulut selalu memantau kondisi terkini, tak terkecuali di wilayah pasca bencana banjir beberapa waktu lalu, yakni Sangtombolang dan Dumoga.

Bahkan, Rafik mengaku dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pengerukan sedimen di wilayah Domisil dan Pangi Timur, Kecamatan Sangtombolang.

“Yang di Domisil saat ini sedang dilaksanakan oleh BWS. Sementara, untuk Pangi Timur akan dilaksanakan oleh BPBD dalam pekan ini,” kata Rafik.

Rafik menambahkan, selain pengerukan sedimen, pihaknya juga akan membangun tanggul darurat di wilayah itu.

“Kita juga akan bangun tanggul darurat karena tanggul darurat yang dibangun lalu sudah rusak kembali,” demikian Rafik. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.