Kapolda Sulut Ingatkan Pentingnya Komitmen Bersama Wujudkan Pilkada Aman dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Bagikan Artikel Ini:

 

Pendemi Covid-19
BERITATOTABUAN.COM, SULUT – Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra mendorong semua pihak, terutama para penyelenggara, peserta dan para pendukung dalam Pilkada Serentak 2020, untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.
Menurutnya, perlu disusun sebuah kesepakatan bersama, komitmen bersama agar pelaksanaan pilkada berjalan aman, sejuk, damai dan sehat serta memperhatikan protokol kesehatan.
Hal itu disampaikan Kapolda Sulut saat menyampaikan arahan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020, di Hotel Fourpoints Manado, Kamis (17/9/2020) diikuti oleh para Penyelenggara Pemilu, partai politik, perwakilan bakal calon, yang juga dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Sulut. “Kenapa itu penting, karena apapun peraturan dibuat, tidak akan mampu mengakomodir semua hal secara utuh. Banyak permasalahan yang muncul di lapangan yang mungkin saja tidak tertuang dalam peratuan tersebut,” ujar Irjen Pol Panca Putra.
Untuk itu katanya, disepakati melalui Kesepakatan Bersama itu. “Selain mengatasi masalah yang timbul karena tidak ada aturan, kita juga memperkuat sanksinya, harapannya seperti itu,” ujar Irjen Pol Panca Putra.
Di kesempatan itu juga, Kapolda menegaskan bahwa Polri tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada. “Polri berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan pilkada yang demokratis, diperlukan netralitas aparat keamanan. Polri sudah berkomitmen tidak ada tawar menawar, netralitas Polri itu menjadi prasyarat utama,” tegas Irjen Pol Panca Putra.
Mantan Direktur Penyidikan KPK ini juga berharap, tidak hanya netralitas Polri yang dibutuhkan, tapi semua penyelenggara tetap menjaga netralitas sehingga pelaksanaan pilkada serentak 2020 bisa berjalan secara demokratis. “Ini sudah kita sosialisasikan dan terus kita lakukan pengawasan, sejauh mana anggota di lapangan menunjukan netralitas ini. Kalau ada anggota yang dianggap tidak memiliki netralitas silahkan berikan masukan. Dan teman-teman Bawaslu silahkan melakukan pengawasan terhadap masalah ini,” ujar Irjen Pol Panca Putra.(Afry)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.