ADV2

Nikmati Kopi Tradisional Mongondow, Café Ini Tempatnya

Bagikan Artikel Ini:

 

Kopi Tradisional Mongondow

Kedai Kopi Binango’an di Poyowa Besar I

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Konsep pembuatan kopi secara traidisional penuh dengan kearifan local, diusung oleh Kedai Kopi Binango’an milik Didin Paputungan, di Desa Poyowa Besar I Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Dengan penyajian yang sederhana, berupa kopi hitam dengan biji kopi asli dari perkebunan yang ada di wilayah Bolaang Mongondow Raya, Didin berhasil memikat para pengunjung yang datang ke tempatnya tersebut. Lihat saja, puluhan pengunjung hampir setiap hari memadati café yang belum lama dibuka olehnya tersebut. “Konsep kearifan local yang kita usung ini, untuk mengingatkan kita agar tidak lupa terus melestarikan budaya daerah, walaupun di tengah-tengah perkembangan zaman seperti sekarang,” ujar Didin.

Didin menambahkan, lewat kedai kopi itu juga, dirinya ingin membuat budaya mongondow dengan cirri khas kopinya lebih dikenal luas, “Kopi merupakan salah satu kebiasaan dan tradisi nenek moyang kita. Saya ingin tetap menjaga orisinalitas kopi ini, agar bisa lebih dikenal luas,” tambahnya.

Menariknya, harga kopi yang ada di kedai itupun terbilang sangat terjangkau, bahkan jauh dibawah dari beberapa kedai kopi lainnya. Dimana, hanya dengan Rp5.000, pengunjung sudah bisa mendapatkan suguhan kopi arabika maupun robusta yang diracik secara tradisional itu. “Biasanya di sore hari, yang datang menyeruput kopi disini adalah orang tua, dan malam harinya adalah anak-anak muda,” tuturnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.