ADV2

BPBD Bolmong Dipercayakan Jadi Partner Latih TRC Minahasa Tenggara

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) mempercayakan ke personil BPBD Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sebagai partner latih Tim Reaksi Cepat (TRC) Mitra yang baru dibentuk.

Menurut Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Pemkab Bolmong, Abdul Muin Paputungan, Kamis (31/10/2019) malam, saat dihubungi beritatotabuan.com via selular, kerjasama pihaknya dengan pihak BPBD Mitra itu berupa menjadi narasumber dan Instruktur pelatihan teknis dalam upaya penanggulangan bencana.

“Pelatihan yang diberikan berupa materi dan simulasi. Agar ketika ada kejadian bencana maupun musibah, personel TRC sudah memiliki kapasitas dalam melakukan penanganan maupun penilaian kebutuhan (kaji cepat atau asesmen),” ujar Abdul.

Selain narasumber, lanjut Abdul, dari pihaknya ada dua personil yang menjadi instruktur.

“Pelatihan ini bertujuan untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak musibah maupun bencana,” tutur Abdul.

Pelatihan TRC itu, jelas Abdul, sangat penting untuk mengasah pengetahuan dan skill yang sesuai dengan tugas pokok TRC, yakni pengkajian secara cepat dan tepat di lokasi bencana dalam rangka mengidentifikasi cakupan lokasi bencana.

“Itu juga sesuai dengan fungsi utama kita, yakni melakukan pengkajian awal segera setelah terjadi bencana pada saat tanggap darurat,” demikian Muin.

Terinformasi, sebanyak 12 orang menjadi peserta dalam pelatihan TRC tersebut. Kegiatan itu sendiri berlangsung selama dua hari, sejak Kamis, 31 Oktober hingga Jumat, 1 November 2019. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.