Tes Tertulis dan Wawancara Balon Sangadi Dimulai

Bagikan Artikel Ini:

Tes tertulis dan wawancaraBERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Tes tertulis dan wawancara bakal calon Sangadi resmi dimulai, Rabu (25/09/2019) di Ruang Rapat Kantor Bupati Bolmong, Lolak.

Tahapan yang digelar oleh Panitia Seleksi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tersebut diikuti oleh sedikitnya 142 balon Sangadi.

Menurut Kepala DPMD, Ahmad Yani Damopolii, dari 105 desa se Kabupaten Bolmong yang melaksanakan pilsang serentak, ada 22 desa yang melakukan tahapan tingkat kabupaten. Hal itu disebabkan calon sangadi melebihi lima orang pendaftar.

“Hari ini 22 desa telah melakukan tes tertulis dan wawancara tingkat Kabupaten,” ungkap Damopolii.

Terpisah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Isnaidin Mamonto menjelaskan, nantinya para balon sangadi ini akan mengikuti tiga jenis tes.

“Yakni, tes tertulis, tes wawancara dan tes kemampuan komunikasi dalam bentuk pidato singkat. Hasil seleksi nantinya akan dikembalikan kepada panitia pemilihan di tingkatan desa, dalam bentuk urutan yang didasarkan akumulasi nilai yang diperoleh pada saat seleksi,” ujar Isnaidin.

Dari hasil tes itu, lanjut Isnaidin, nantinya panitia di tingkat desa akan menetapkan bakal calon lima urutan teratas sebagai calon sangadi yang akan bertarung pada 14 November 2019 mendatang.

“Berdasarkan ketentuan pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2015 tentang tata cara penyelenggaraan pemilihan sangadi, bagi desa yang memiliki bakal calon lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi di tingkat kabupaten oleh panitia pemilihan sangadi,” demikian Isnaidin.

Diketahui, Pansel tingkat Kabupaten balon Sangadi tersebut masing-masing Asisten I Derek Panambunan, Kepala DPMD Ahmad Yani Damopolii, Sekretaris DPMD  Jacelin Wongkar, Kepala Disdik Renti Mokoginta, Kaban Kesbangpol Djek Damopolii, Kabag Hukum Hardiman Pasambuna serta Kabid Pemdes Isnaidin Mamonto. Dan pelaksanaan seleksi dimulai sejak tanggal 25 September  dan akan berakhir pada 1 Oktober 2019. (udi)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.