Diskominfo Gagas Sistem Kinalang Untuk Maksimalkan Pelayanan Publik

Bagikan Artikel Ini:

 

Sistem Kinalang

Kepala Bidang SIKP Dinas Kominfo Kotomobagu Moch. fahri Damopolii saat menjelaskan alur sistem Kinalang

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Terobosan demi terobosan, dalam rangka meningkatkan proses pelayanan public di Kotamobagu, terus dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), ini menyusul dengan digagasnya sistem Kinalang atau Klinik Aspirasi dan Layanan Pengaduan.

Menurut Kepala Bidang SIKP Dinas Kominfo Kota Kotamobagu, Moch Fahri Damopolii SKom, ME, aplikasi tersebut merupakan sebuah system pelayanan public yang lebih lengkap dan terpadu. “Jadi lewat sistem itu, masyarakat bisa menyampaikan keluhan mereka, dan kita akan meneruskan keluhan tersebut ke dinas terkait. Namun, sebelum itu akan dilakukan verifikasi, klasifikasi dan juga klarifikasi, agar bisa segera ditindak lanjuti,” ucap Fahri.

Tidak sampai disitu, masih kata Fahri setelah instansi teknis terkait menerima laporan masyarakat tersebut, dan kemudian ditanggapi. Hasil tanggapan tersebut akan diteruskan oleh admin kinalang kepada masyarakat, yang melaporkan keluhan tersebut. “Laporan ini bisa dikirim warga lewat media social seperti facebook, instagram, atauun email, bahkan sms kepada admin operator kinalang,” tambahnya.

Bahkan, masih kata Fahri, warga yang melaporkan keluhan mereka, bisa memantau langsung perkembangan, serta tindak lanjut laporan yang telah dimasukkan tersebut lewat website resmi kinalang. “Nanti, aka nada user id untuk warga, guna memantau sejauh mana laporan mereka ditindak lanjuti,” tuturnya.

Fahri sendiri menegaskan kalau munculnya system Kinalang ini, tidak lepas dari peran Walikota Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Walikota Nayodo Koerniawan serta Dinas Komunikasi dan Informasi Kotamobagu. “Ini berkat arahan Ibu Walikota dan juga Bapak Wakil Walikota serta Kepala Dinas Kominfo, seingga system kinalang ini bisa dibuat dan segera diluncurkan dalam waktu dekat,” paparnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.