Profil Singkat Pasangan Iskandar-Deddy, Calon Petahana Dengan Segudang Pengalaman

Bagikan Artikel Ini:

Pasangan Iskandar-Deddy

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL – Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), yakni Hi Iskandar Kamaru SPt dan Deddy Abdul Hamid, hampir pasti akan ditetapkan menjadi Pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang nantinya, akan ikut dalam kompetisi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di ujung selatan tanah Totabuan tersebut.

Meski sudah cukup dikenal oleh segenap lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Bolmong Selatan khususnya, dan Sulawesi Utara bahkan secara nasional pada umumnya. Namun, profil singkat kedua pasangan petahana yang memiliki segudang pengalaman ini ada baiknya diketahui lebih luas.

Seperti diketahui, Pasangan Iskandar Kamaru 0 Deddy Abdul Hamid atau yang lebih dikenal dengan pasangan BERKAH (Bersama Kamaru Abdul Hamid), merupakan calon petahana, atau incumbent yang hingga saat ini masih memegang amanah dari rakyat Bolsel masing-masing sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Selatan.

Selama kepemimpinan pasangan BERKAH ini, sejumlah program yang menyentuh langsung ke masyarakat cukup dirasakan. Menariknya, dalam kontestasi politik, baik Iskandar Kamaru maupun Deddy Abdul Hamid terkesan tidak ingin saling mendahului. Ini dibuktikan dengan keakuran mereka selama memimpin daerah Bolmong Selatan. Hingga akhirnya, masing-masing baik Iskandar Kamaru maupun Deddy Abdul Hamid, kembali bersepakat untuk maju kembali dalam Pilkada, dengan posisi mereka yang sama seperti saat ini, yakni sebagai calon Bupati untuk Iskandar Kamaru SPt, dan sebagai calon Wakil Bupati untuk pribadi Deddy Abdul Hamid.

Majunya pasangan yang diusung oleh PDIP, Gerindra dan Perindo ini tidak luput dari tangan dingin seorang Begawan politik di Bolaang Mongondow Selatan, yakni Hi Herson Mayulu SIP. Dimana, dari buah tangan kepemimpinan dirinya selama hampir 2 periode, berhasil melahirkan pemimpin seperti Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid.

Lain dari itu, majunya kembali pasangan Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid ini, secara tidak langsug mematahkan mitos perpecahan yang kerap terjadi, antara kepala daerah dan wakil kepala daerah, dalam sebuah pemerintahan. Dimana, keinginan mereka untuk kembali memimpin Bolmong Selatan sudah diprediksi hanya ingin melanjutkan kembali pengabdian dan menuntaskan proses pembangunan di wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo tersebut.

Berikut Profil Singkat Calon Bupati Petahana Iskandar Kamaru SPt

Hi Iskandar Kamaru SPt, merupakan salah satu calon Bupati yang masih muda dengan umur 45 tahun, dan dikenal sebagai seorang muslim yang taat, namun memiliki tigkat toleransi yang tinggi, serta rajin meghadiri acara-acara keagamaan yang diselenggarakan di wilayah Bolmong Selatan maupun Sulawesi Utara.

Saat ini, Iskandar tercatat merupakan warga Desa Momalia I Kecamatan Posigadan, dengan istri seorang wanita sholehah bernama Selpian Manoppo. Dimana, keduanya hinggga saat ini dikaruniai 4 orang anak.

Untuk pendidikan, Iskandar Kamaru tercatat memul;ai pendidikan formalnya di SDN Momalia sejak tahun 1980-2986, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri Momalia di tahun 1986 – 1989, dan kembali melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri I Gorontalo pada tahun 1989 – 1992, dan menamatkan Sarjana Strata 1 (S1) di Universitas Sam Ratulangi Manado di tahun 1998.

Untuk kursus dan pendidikan pelatihan yang pernah diikuti, Iskandar tercatat pernah mengikuti Magang Pemuda Tani JAEC Jepang di tahun 2001-2002. Selain itu dirinya pernah mengikuti Diklat Fungsional Provinsi di Partai Golkar pada tahun 2008. Dimana, pengalaman itu kemudian lebih diperkaya saat Iskandar mengikuti Sekolah Partai Calon Kepala Daerah yang digelar oleh PDIP di tahun 2015, dan dilengkapi lagi dengan Sekolah Partai Calon Kepala Daerah yang kembali digelar DPP PDIP di tahun 2020 ini.

Iskandar Kamaru sendiri, dikenal juga sebagai seorang aktifis organisasi, dimana semasa dirinya di organisasi dia mengasah betul bakat – bakat kepemimpinan serta rasa solidaritas yang tinggi. Dalam catatan, Iskandar aktif sebagai aktifis HMI sejak dari tingkat Komisariat Unsrat di tahun 1994-1995 sebagai seorang Sekretaris, kemudian dipercayakan menjadi Wakil Ketua HMI Cabang Manado di tahun 1995 -1998. Bakat kepemimpinan Iskandar semakin menonjol saat dirinya menjadi Ketua KNPI Kecamatan Posigadan di tahun 2003- 2006. Di tahun 2009 – 2015 Iskandar sempat dipercayakan menjadi Sekretaris DPD II Partai Golkar Kabupaten Bolsel, juga Ketua KKIG Kabupaten Bolsel untuk periode 2015- 2020, kemudian di tahun 2016 dengan bekal aktifits HMI semasa kuliah, dirinya dipercayakan menjadi Kordinator Presidium Korp Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Bolmong Selatan, dan di awal tahun 2020 lalu, Iskandar kembali dipercayakan menjadi Kordinasi Presidium KAHMI Wilayah Sulawesi Utara. Setahun sebelumnya, pada tahun 2019, Iskandar Kamaru terpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPC PDIP Kabupaten Bolmong Selatan.

Dalam bidang pemerintahan, sosok Iskandar Kamaru SPt sudah mulai dikenal sejak dirinya menjadi anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow dan menjadi Sekretaris Komisi I di tahun 2004 – 2009, dimana, dirinya kembali dipercaya oleh rakyat Bolmong Selatan untuk duduk sebagai wakil rakyat di tahun 2009 – 2014, dan menduduki jabatan sebagai Ketua Fraksi Golkar sekaligus Ketua Komisi III dalam lembaga tersebut.

Di tahun 2016, dirinya dipercaya masyarakat bersama dengan Hi Herson Mayulu SIP menjadi Wakil Bupati Bolaang Mongondoe Selatan, dan kemudian di tahun 2018, tongkat estafet kepemimpinan Hi Herson Mayulu SIP diserahkan kepada Iskandar Kamaru, setelah H2M, sapaan akrab Herson Mayulu maju mencalonkan diri dan terpilih menjadi wakil rakyat di DPR RI dari PDIP.

Berikut Profil Singkat Calon Wakil Bupati Petahana Deddy Abdul Hamid

Deddy Abdul Hamid dikenal sebagai seorang pengusaha juga politisi yang lahir di tahun 1969. Dimana, suami dari Rosdiana Lapatola ini bermukim di Desa Pinolosian Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolmong Selatan.

Ayah 3 anak ini dikenal merupakan seorang yang sangat religius namun penuh dengan nilai toleransi dan nasionalisme yang tinggi sebagaimana latar belakang partai yang dijejakinya selama ini yakni PDIP. Deddy Abdul Hamid tercatat menjejaki penddiikan formal di SDN 46 Kota Gorontalo pada tahun 1977-1983, dimana, dirinya kemudian melanjutkan pendidikan di SMP negeri I Gorontalo pada tahun 1983 – 1986, dan kemudian berhasil menamatkan pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri I Gorontalo pada tahun 1986- 1989.

Untuk kursus serta pendidikan pelatihan yang pernah diikuti, Deddy Abdul Hamid tercatat telah mengikuti sekolah partai calon kepala daerah yang digelar oleh DPP PDIP di tahun 2020 ini.

Deddy sendiri mengawali karir politiknya, sejak tahun 2014, dimana di tahun 2014 hingga saat ini posisi Deddy terus mendapatkan kepercayaan menjadi Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Bolmong Selatan. Di tahun 2014 juga, Deddy dipercayakan rakyat untuk menjadi wakil rakyat dan mendapatkan amanah sebagai Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bolmong Selatan, hingga tahun 2019. Di tahun 2019, lewat pemilihan yang digelar oleh DPRD Kabupaten Bolmong Selatan untuk mengisi kekosongan kursi Wakil Bupati, sosok yang cukup akrab dan familiar di tengah-tengah masyarakat ini, berhasil meraih suaran terbanyak dan akhirnya dilantik mendampingi Iskandar Kamaru sebagai Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan. ()

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.