Dibuka Presiden Jokowi, Bupati Limi Mokodompit Hadiri Musrembangnas 2024 di Jakarta

Bagikan Artikel Ini:

Dibuka Presiden Jokowi, Bupati Limi Mokodompit Hadiri Musrembangnas 2024 di Jakarta

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Ir. Limi Mokodompit MM menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024, Senin 6 Mei 2024.

Digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Musrembangnas dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Di mana, Musrenbangnas 2024 yang dilaksanakan untuk membahas rencana pembangunan nasional ini, mengangkat tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Dibuka Presiden Jokowi, Bupati Limi Mokodompit Hadiri Musrembangnas 2024 di Jakarta

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo meminta agar pejabat daerah untuk berhati-hati dalam perencanaan penyusunan fiskal dan anggaran.

“Agar tidak ada satu rupiah pun yang meleset dari rencana yang telah disepakati dalam Musrenbangnas,” ujarnya.

Presiden juga menekankan bahwa sikronisasi antara program antara pemerintah pusat dan daerah merupakan hal yang harus dicapai.

“Untuk melakukan harmonisasi dan sinkronisasi program di daerah dan pemerintah pusat,” ujarnya.

Di mana, penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 harus mengacu pada kesinambungan antara program pemerintah pusat ke daerah.

Presiden juga menyebut bahwa Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menetapkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam penyusunan RKP.

Dengan adanya Musrenbangnas ini, diharapkan program pembangunan nasional untuk tahun-tahun mendatang dapat dilaksanakan dengan sinkronisasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Hal ini akan memastikan tercapainya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kegiatan ini sendiri turut dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Kepala Daerah dari seluruh Indonesia.*(Angga Rasid)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.