Kobo Kecil Jadi Lokasi Sosialisasi Pengelolaan Air Limbah Oleh Dinas PUPR Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Kobo Kecil Jadi Lokasi Sosialisasi Pengelolaan Air Limbah Oleh Dinas PUPR Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu, Rabu 8 Mei 2024 menggelar sosialiasi pengelolaan dan pengembangan air limbah domestik.
Dimana, kegiatan tersebut digelar di Desa Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur, oleh Bidang Cipta Kaŕya Dinas PUPR Kotamobagu, dengan tujuan untuk lebih meningkatkan pengelolaan infrastruktur sanitasi.

Menurut Kabid Cipta Karya PUPR Kotamobagu, Yeyen Yambo, sosialisasi ini memanfaatkan Dana Alokasi Umum (DAU) dengan alokasi dana mencapai Rp333 juta untuk enam desa dan kelurahan, termasuk Mongkonai, Gogagoman, Mongondow, Poyowa Kecil, Molinow, dan Kobo Kecil. Proyek ini akan melibatkan pembangunan 18 unit bilik dan pembuangannya.

Yeyen menjelaskan bahwa perbedaan utama dengan proyek sebelumnya adalah adanya penambahan bilik, bukan hanya tangki septik saja. “Proses administratif masih dalam tahap pelengkapan, dan setelah selesai, akan dilakukan pencairan dana dan pelaksanaan pekerjaan,” Ungkapnya.

Dalam konteks ini, pemerintah desa juga berperan aktif. Irwan Mokodompit, Kasi Pemerintahan Desa Kobo Kecil, mengungkapkan apresiasi kepada Dinas PUPR atas penyelenggaraan acara tersebut. Ia menyatakan dukungan penuh dari pemerintah desa terhadap kegiatan tersebut yang telah berlangsung selama dua hingga tiga tahun terakhir.

Irwan juga mengajak masyarakat yang hadir untuk aktif dalam acara tersebut, terutama dalam memahami informasi yang disampaikan oleh fasilitator. “Keterlibatan masyarakat diharapkan dapat memperkuat kesadaran akan pentingnya pengelolaan air limbah domestik demi kesehatan lingkungan yang lebih baik,” tutupnya. (*)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.