Bupati Sachrul Hadiri Pengarahan Tiga Poin Dari Presiden Jokowi

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Sam Sachrul Mamonto saat menghadiri dan mendengarkan pengerahanPresiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo (Jokowi), di ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center, Kamis 29 September 2022 kemarin.

Terdapat tiga poin dalam pengarahan Presiden Jokowi, diantaranya mengenai pengendalian inflasi di daerah, tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia dan pembahasan mengenai pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Usai mengikuti arahan Presiden Jokowi, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto mengatakan, bahwa Pemkab Bolaang Mongondow Timur pada APBD Perubahan 2022 sudah mengalokasikan dana untuk penangganan dampak inflasi. “Sudah kami masukan dalam APBD Perubahan dana penanganan dampak inflasi sesuai dengan arahan Presiden dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK),” kata bupati.

Bupati juga menjelaskan, dana yang dialokasikan untuk penanganan dampak inflasi tersebut sebesar dua persen. “Dua persen yang kami alokasikan dari dana transfer umum. Insya Allah, dengan adanya alokasi ini bisa membantu masyarakat yang terdampak inflasi akibat kenaikan BBM,” ujarnya.

Lanjut bupati, terkait dengan aksi afirmasi bangga buatan Indonesia sudah ditindaklanjuti dengan menerbitkan regulasi. “Sebagai bentuk komitmen penggunaan produk dalam negeri, kami perkuat dengan regulasi dan ini berlaku untuk semua instansi di bawah Pemerintah Kabupaten Boltim,” terang bupati.

Sementara untuk pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, bupati mengungkapkan pihaknya telah mengalokasikan anggaran dalam bentuk program kegiatan yang nantinya langsung melibatkan masyarakat. “Untuk aksi penghapusan kemiskinan, pemerintah daerah sudah menyiapkan berbagai program kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Diantaranya bantuan anak asuh daerah dalam bentuk beasiswa, bantuan pelaku usaha aktif dan bantuan RTLH,” tutup bupati.

Reporter : Rifki Palengkahu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.