Studi Tiru Sangadi Boltim di Kabupaten Bandung Barat Diapresiasi Legislator

Bagikan Artikel Ini:

 

Para Legislator Boltim saat foto bersama Sangadi di kabupaten Bandung barat

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM –Kegiatan studi tiru Sangadi Boltim di Kabupaten Bandung Barat, selama tanggal 11 sampai 13 Agustus 2022, mendaqpatkan apresiasi dari para legislator Kabupaten Boltim.

Para legislator tersebut, menyebut desa – desa di Bandung Barat yang dikunjungi para Sangadi untuk studi tiru tersebut sangat cocok untuk diadopsi. “Kami mendampingi langsung kegiatan studi tiru para sangadi ini di Kabupaten Bandung Barat. Hasil pantauan kami kegiatan ini berjalan dengan baik karena para sangadi begitu antusias untuk belajar,” ujar anggota DPRD Boltim dari Nasdem, Alamri Matiala. Rabu 17 Agustus 2022.

Senada dikatakan legislator dari partai PAN, Cherry Komaling, dirinya mengungkapkan, keberadaan para sangadi di Bandung bukan sekedar jalan – jalan, tetapi untuk belajar dalam rangka membangun desa. “Ada tiga anggota DPRD Boltim yang mendampingi langsung kegiatan studi tiru di Bandung. Mereka betul – betul belajar terkait dengan pengelolaan Bumdes dan desa – desa yang dikunjungi sangat cocok untuk ditiru pengelolaannya,” terangnya.

Terpisah, anggota DPRD Boltim Revy Lengkong yang turut dalam studi tiru mengatakan, agenda yang dilakukan 34 dangadi di Jawa Barat sangat luar biasa. Karena semua desa yang dikunjungi, memiliki prestasi yang sudah dikenal di mana-mana.  “Kegiatan seperti ini perlu dilakukan. Dan saya mengapresiasi Dinas PMD yang memfasilitasi semua sangadi dalam melakukan studi tiru ini,” ujar Revy.

Sebelumnya, 34 kepala desa di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan studi tiru di Provinsi Jawa Barat pada pekan lalu.

Studi tiru yang diawali di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat tersebut, bertujuan untuk menambah referensi para sangadi dalam membangun desa dengan cara memanfaatkan semua potensi yang ada di desa masing-masing., sehingga 34 sangadi yang ikut dalam studi tiru yang difasilitasi Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (DPMD), diminta mengamati semua tempat yang dikunjungi dan mengadopsi cara pengelolaannya.

Dalam studi tiru itu, selain Desa Cibodas, 34 sangadi juga melalukan studi tiru di Desa Cibiru dan Citatah. Kunjungan dalam rangka studi tiru tersebut, melihat bagaimana pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), tempat wisata hingga peningkatan pelayanan administrasi dan ekonomi desa.

Reporter : rifki palengkahu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.