Dinas PUPR Kotamobagu Pacu Penyusunan Revisi RTRW

Bagikan Artikel Ini:

 

Penjelasan Dinas PUPR Kotamobagu

Zanty Arfa ST

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu terus memacu penyusunan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Kotamobagu tahun 2014 – 2034.

Menurut Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kotamobagu Zanti Arfa ST, mengatakan, saat ini progres revisi Perda RTRW Kotamobagu sedang berproses di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional  (ATR/BPN).

Adapun revisi perda RTRW Kotamobagu sendiri telah melalui beberapa tahapan sejak peninjauan kembali tahun 2019. Mulai dari penyusunan materi teknis hingga penyesuaian pasca undang-undang cipta kerja. “Kami sedang memperbaiki beberapa catatan dari Kementerian ATR, setelah itu akan masuk tahapan verifikasi, jika dokumennya sudah disetujui, selanjutnya akan dijadwalkan untuk pembahasan lintas sektor dalam rangka penerbitan persetujuan substansi RTRW oleh Kementerian, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, DPRD dan seluruh pemangku kepentingan,” urai Zanti, Kamis 21 September 2023.

Lanjut, pihaknya menargetkan revisi RTRW Kota Kotamobagu bisa secepatnya diperdakan tahun ini. “Jika sudah mendapat persetujuan substansi RTRW, selanjutnya akan dirapatkan lagi Pemerintah Daerah bersama DPRD Kotamobagu,” tandasnya.

Diketahui, revisi RTRW Kota Kotamobagu memuat rencana struktur ruang, rencana tata ruang, dan kawasan strategis. Kotamobagu mengalami perubahan luas wilayah dengan ketambahan 40,76 Km² dari luas lama 68,09 Km² menjadi 108,86 Km². (junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.