RSUD Kotamobagu Berhasil Raih Akreditasi Paripurna Dari KARS

Bagikan Artikel Ini:

 

RSUD Kotamobagu Berhasil Raih Akreditasi Paripurna Dari KARS

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Usaha dan kerja keras pelayanan yang dilakukan oleh Pemkot Kotamobagu, bersama tim dari RSUD Kota Kotamobagu kepada masyarakat, akhirnya membuahkan hasil yang maksimal.

Pasalnya, dari penilaian yang dilakukan oleh Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kotamobagu berhasil meraih akreditasi Paripurna.

“Tujuan akreditasi untuk melihat sejauh mana kepatuhan rumah sakit terhadap standar akreditasi dan regulasi yang ditetapkan. Intinya sebagai tools atau alat untuk meningkatkan pelayanan,” ujar Direktur RSUD Kotamobagu dr Wahdania Mantang MKes, Senin 20 Februari 2023.

Ditambahkan Wahdania, di RSUD Kotamobagu sendiri, ada 16 Kelompok Kerja (Pokja) akreditasi, yang mana tiap Pokja harus menyajikan dokumen  antara 10 sampai 15 Bab dan hampir 1000 elemen penilaian. “Dimana, hasil penilaian oleh tim surveyor untuk setiap Pokja dalam dokumen nilainya berada di atas 90, bahkan sebagian besar Pokja mendapatkan nilai 100, sehingga memperoleh akreditasi paripurna,” tambahnya.

“Hasil akreditasi paripurna ini berkat komitmen seluruh civitas RSUD Kotamobagu. Mulai dari membentuk tim akreditasi dan menunjuk asesor internal untuk bidang manajemen, bidang medis dan bidang keperawatan,” tuturnya lagi.

Masih menurut dr Wahdania Mantang MKes, Asesor internal ini membuat penilaian dan evaluasi, juga monitoring secara berkala. “Dengan adanya monitoring evaluasi oleh asesor internal maka semua dokumen serta kebutuhan lain untuk telusur lapangan saat survei sudah siap dan lengkap,” paparnya. (*/junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.