Sekda Sofyan Mokoginta Buka FGD Layanan Darurat 112 dan Bimtek Operator OPD

Bagikan Artikel Ini:

 

Sekda Sofyan Mokoginta Buka FGD Layanan Darurat 112 dan Bimtek Operator OPD

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Sekretaris Daerah Sofyan Mokoginta SH ME, Selasa 01 November 2023 pagi tadi, membuka kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) Penyelenggaraan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 dan Bimbingan Teknis bagi para Operator Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Sofyan Mokoginta SH ME, dalam sambutannya mengatakan, kalau Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat merupakan satu inovasi yang digagas Pemerintah Kota Kotamobagu untuk memberikan layanan kegawatdaruratan bagi masyarakat, yang antara lain meliputi gawat darurat medis, kebakaran, kecelakaan, bencana alam atau keadaan darurat lainnya yang ditetapkan pemerintah daerah.

“Layanan panggilan darurat ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kotamobagu pada saat terjadi kondisi darurat dengan menghubungi nomor 112, yang akan terhubung dengan pusat panggilan darurat Call Center 112 yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah,” ungkap Sofyan.

Dirinya menambahkan, dengan hanya terdiri dari 3 angka, masyarakat akan mudah mengingat nomor layanan ini dan bisa segera mendapatkan penanganan kondisi gawat darurat yang terjadi.

“Penyelenggaraan layanan darurat 112 secara langsung juga merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Kotamobagu dalam memberikan pelayanan bagi warga masyarakat Kotamobagu, khususnya yang mengalami kondisi darurat. Selain itu, ini juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Kotamobagu dalam meningkatkan kualitas sektor pelayanan publik yang terintegrasi dan terpadu di Kota Kotamobagu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Moch Fahri Damopolii SKom ME, menambahkan, kalau pelaksanaan FGD tersebut, merupakan tindak lanjut dari tahap persiapan penyelenggaraan layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat di Kota Kotamobagu. “Dimana,

Sekda Sofyan Mokoginta Buka FGD Layanan Darurat 112 dan Bimtek Operator OPD

hal ini telah melewati sejumlah proses, setelah sebelumnya telah dilaksanakan beberapa tahap persiapan, mulai dari penyampaian surat permohonan ke Kementerian Kominfo, verifikasi lapangan oleh tim Direktorat Pengembangan Pita Lebar Kemenkominfo, instalasi aplikasi layanan panggilan darurat 112, hingga hari ini dilaksanakan FGD dan Bimtek bagi para operator tingkat OPD. Untuk pelayanan kondisi darurat ini, melibatkan 14 OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu,” jelas Fahri.

Fahri menambahkan, setelah pelaksanaan FGD dan Bimtek bagi para operator itu, tahap selanjutnya masih akan dilaksanakan finalisasi layanan di tingkat OPD teknis.”Nanti setelah itu Insya Allah layanan darurat 112 ini bisa segera dilaunching dan dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kota Kotamobagu,” tuturnya.

Fahri berharap, layanan tersebut bisa lebih membantu dan memudahkan masyarakat ketika terjadi kondisi darurat. Keadaan darurat adalah hal yang tidak bisa diprediksi. “Siapapun, kapanpun dan dimanapun bisa mengalami kondisi ini. Dengan layanan ini, setidaknya ketika keadaan darurat terjadi di masyarakat, pemerintah daerah bisa hadir dan memberikan penanganan yang segera, tepat dan optimal,” paparnya.

Narasumber yang memberikan materi dalam kegiatan, Indra Siswoyo dari Direktorat Pengembangan Pita Lebar Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dan Aam Sofyan, dari PT Digital Sandi Indonesia.

Adapun peserta kegiatan terdiri dari unsur Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, RSUD Kotamobagu, Dinas Satpol PP dan Damkar, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas PP dan PA, UPTD PPA, serta 5 Kepala Puskesmas se-Kota Kotamobagu. (junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.