Terima Kunjungan Kepala BPK Perwakilan Sulut, Ini Pemaparan Wali Kota Tatong Bara

Bagikan Artikel Ini:

 

Wali Kota Terima Kunjungan Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Utara

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Kunjungan kerja Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, Arief Fadillah, S.E, M.M, CSFA, diterima langsung oleh bWali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, pada Rabu (23/11) pagi.

Kunjungan kerja dilakukan dalam rangka supervisi pelaksanaan audit kinerja penyediaan air minum dan sanitasi yang layak dan aman di Kota Kotamobagu, yang sudah berlangsung kurang lebih 2 (dua) bulan.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka penyelenggaraan Standar Pelayanan Minimal kepada masyarakat di Kota Kotamobagu, khususnya penyediaan akses air minum dan sanitasi layak dan aman, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melaksanakan program pengelolaan dan pengembangan sistem penyediaan air minum.

“Tahun 2021 output yang diperoleh sebesar 363 sambungan rumah atau sebesar 77,56 persen. Dan untuk tahun 2022 ini kami menargetkan presentase penduduk berakses air minum dapat mencapai 78 persen,” ucap Wali Kota.

Untuk akses sanitasi, melalui program pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah pada kegiatan pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestik dalam daerah, tahun 2021 output-nya sebesar 300 unit dengan capaian sebesar 41,76 persen.

“Sementara tahun 2022 ini presentase rumah di Kota Kotamobagu yang berakses sanitasi ditargetkan sebesar 42,5 persen,” ujar Wali Kota.

Wali Kota tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara bersama jajaran yang telah meluangkan waktu berkunjung ke Kotamobagu.

“Kotamobagu bersyukur menjadi salah satu tempat uji petik program penyediaan akses air minum dan sanitasi layak dan aman. Insyaallah upaya kita dan rancangan kita ke depan untuk merubah UPTD air minum ke PDAM dapat menjadikan uji petik ini untuk bisa membenahi sehingga target untuk perusahaan air minum kita dapat ditangani dengan lebih baik lagi,” ucap Wali Kota.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu, ini turut dihadiri Kepala Subauditorat Sulawesi Utara I, Coreman Maruli Tua SE., M.Si., Ak., CA., Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.H, para Asisten, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, serta para Camat se – Kota Kotamobagu. (*/junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.