Bupati Sachrul Tegaskan Empat Hal Saat Bimtek Pjs Sangadi

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Sachrul Tegaskan Empat Hal Saat Bimtek Pjs Sangadi

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Bupati Sam Sachrul Mamonto, menghadiri sekaligus membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pjs Kepala desa (Kades) se – Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Kegiatan yang diinisiasi Pusat Studi Strategi Pembangunan Daerah (Pusbangda) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) terebut, diselenggarakan di Hotel Best Western Jakarta, Senin 20 Februari 2023.

Bupati Sachrul Tegaskan Empat Hal Saat Bimtek Pjs Sangadi

Pada kegiatan ini, Bupati Sam Sachrul Mamonto bersama beberapa pemateri yang berasal kalangan praktisi dan akademisi IPDN, salah satunya ketua Program Studi Program Doktoral IPDN, DR. H. Mansyur Ahmad KM, M.Si, dan Direktur Program Doktoral IPDN, memberikan materi kepada para peserta Bimtek.

Paparkan materi tentang Manajemen Pemerintahan, Sachrul menyampaikan sejumlah poin seputar penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik, agar manfaatnya dapat dirasakan langsung masyarakat.

“Yang harus dilakukan oleh kepala desa diantaranya perencanaan harus matang, pelaksanaan harus dilakukan dengan baik, harus mengetahui penatausahaan administrasi dan pertanggungjawaban tidak asal jadi. Jika ini dilakukan dengan baik, maka hasilnya akan baik juga, dan selanjutnya bisa memberikan contoh bagi kepala desa selanjutnya,” terang Sachrul.

Di sisi lain, top eksekutif Boltim ini juga menegaskan, bahwa kemampuan kepala desa harus tetap ditingkatkan dengan kegiatan peningkatan kompetensi.

“Jika pikiran tidak diasah termasuk dalam belajar, maka akan pikun lebih cepat. Pikiran kita harus terus di asa dengan mencari ilmu pengetahuan,” tuturnya.

Akhir materi, Bupati Sachrul pun memberikan motivasi kepada seluruh kades agar dapat memanfaatkan pelaksanaan Bimtek tersebut dengan sebaik-baiknya, dalam rangka peningkatan kompetensi.

“Kita tidak selalu dibiayai negara untuk mendapatkan ilmu, jadi manfaatkan pembelajaran ini dari pemateri yang sangat berkompeten, untuk menambah pengetahuan lebih banyak,” tutupnya.  (*/Rifki Palengkahu)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.