Linmas Kecamatan Lolak Dilatih Mitigasi Bencana

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kecamatan Lolak mendapatkan pelatihan mitigasi bencana dalam kegiatan bertajuk ‘Latsar (Pelatihan Dasar) mengenai Teknik Dasar Penyelamatan dan Evakuasi ‘yang diinisiasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (10/12/2019), di Aula Gedung Aspirasi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Lolak.

Ditemui di sela-sela kegiatan Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Pemkab Bolmong, Abdul Muin Paputungan mengatakan, Latsar itu bertujuan untuk penanganan bencana yang akhir-akhir ini sering terjadi, yakni gempa.

“Jadi kita fokus pada penyelamatan ketika bangunan runtuh dan teknik evakuasi,” ujar Abdul.

Dijelaskan Abdul, mengingat posisi Bolmong yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik, maka penting bagi pihaknya untuk memberikan pembekalan terkait evakuasi gempa.

“Posisi kita yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik, otomatis potensi Tsunami selalu ada,” tutur Abdul.

Peserta Latsar, lanjut Abdul, difokuskan kepada Linmas, karena terkait peran Linmas sebagai garda terdepan di Desa. Sehingga Linmas dinilai wajib memiliki dasar-dasar penyelamatan.

“Ketika mereka (Linmas, RED.) sudah terlatih menghadapi kejadian atau musibah, setidaknya sebelum Tim SAR datang, mereka telah melakukan upaya-upaya awal dalam penanganan bencana,” harap Abdul.

Abdul menambahkan, langkah itu merupakan sebuah upaya untuk koordinasi yang lebih cepat antara BPBD dan Linmas yang ada di desa-desa ketika terjadi bencana.

“Karena kontak mereka sudah kita minta. Dan ketika ada kejadian, kita bisa langsung koordinasikan dengan teman-teman Linmas yang sudah dilatih ini,” demikian Abdul.

Diketahui, Latsar yang dijadwalkan berlangsung selama 2 hari, 10-11 November 2019, dengan peserta sebanyak 50 orang personil Linmas se-Kecamatan Lolak itu, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Pemkab Bolmong Tahlis Gallang.

BPBD Bolmong juga menghadirkan Badan SAR Nasional (BASARNAS) Pos Kotamobagu sebagai narasumber dan instruktur. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.