Pernah Jadi Direktur Penyidikan KPK, Ini Profil Kapolda Sulut Yang Baru

Bagikan Artikel Ini:

 

Direktur Penyidikan KPK

Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak

BERITATOTABUAN.COM, NASIONAL – Kapolda Sulawesi Utara yang akan menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa, yakni Irjen R.Z Panca Putra Simanjuntak, rupanya pernah menjabat sebagai direktur penydikan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Repubik Indonesia di tahun 2018 lalu.

Hal tersebut terpantau dari laman Wikipedia.id, yang mengulas jenjang karir serta profil Irjen Pol R.S Panca Putra Simanjuntak. Diketahui, pria kelahiran bulan Januari tahun 1969 itu sendiri merupakan salah satu lulusan Akpol di tahun 1990, dengan latar belakang seorang reserse.

Pernah menjadi Kapolres Banyumas, dan juga Kapolres Tegal di tahun 2010, karir Irjen Pol R.Z Panca Putra Simanjuntak meningkat saat dirinya menjabat sebagai Wadir Reskrimsus Polda Jawa Tengah di tahun 2011, kemudian dipromosikan kembali di tahun 2012 sebagai Dirreskrimsus Polda Kalimantan Tengah. Di tahun 2013, dirinya diangkat menjadi salah satu dosen utama dalam STIK Lemdikpol, kemudian dipromosikan sebagai Wadir Tipidum di Bareskrim Polri di tahun 2017.

Di tahun 2018, dirinya ditugaskan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Direktur Penyidikan, kemudian ditarik oleh Kapolri Idham Azis di bulan Mei tahun 2020 untuk dijadikan Widyaiswara Kepllisian Utama tingkat I pada Sespim Lemdiklat Polri. Rupanya dirinya tidak lama ditempatkan sebagai widiswara. Pasalnya, Senin (03/08/2020) kemarin, dirinya ditugaskan untuk menjadi Kapolda Sulawesi Utara yang baru. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.