Pimpin Apel Pagi, Kapolres Probolinggo Ingatkan Anggota Untuk Netralitas Jelang Pemilu 2024

Bagikan Artikel Ini:

Pimpin Apel Pagi, Kapolres Probolinggo Ingatkan Anggota Untuk Netralitas Jelang Pemilu 2024

BERITATOTABUAN.COM, PROBOLINGGO – Kepala Kepolisian Resor Probolinggo AKBP Wisnu Wardhana, S.H., S.I.K. kembali mengingatkan anggotanya untuk tetap menjaga netralitas saat mengawal tahapan pemilu serentak 2024.

Hal tersebut disampaikan Kapolres saat memimpin apel pagi personel Polres Probolinggo di lapangan mapolres Probolinggo, Senin (15/1/24).

“Saat ini, tahapan pemilu sudah berjalan. Saya mengingatkan seluruh anggota agar tetap menjaga netralitas,” ujar Kapolres Probolinggo.

Meskipun mungkin memiliki hubungan keluarga dengan bakal calon atau caleg, Kapolres menegaskan agar personel tetap mempertahankan profesionalisme dalam menjalankan tugas mengawal pesta demokrasi.

“Jangan ada personel Polres Probolinggo yang viral karena memihak atau mendukung salah satu pasangan calon atau caleg. Hal ini perlu menjadi perhatian serius,” tegas AKBP Wisnu.

Kapolres Probolinggo juga menyoroti sejumlah potensi kerawanan dalam tahapan Pemilu yang perlu diwaspadai, seperti penyebaran isu hoaks, isu SARA, money politik, kampanye hitam (black campaign), dan politik identitas.

“Kerawanan-kerawanan tersebut harus diantisipasi sejak dini, karena dapat menjadi permasalahan serius yang dapat mengganggu dalam pelaksanaan pemilu,” katanya.

Dalam upaya menjaga kelancaran dan keamanan pemilu, ia meminta jajarannya untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Kapolres juga menginstruksikan agar personel yang bertugas di bidang pencegahan aktif melakukan cooling system atau turun langsung ke tengah masyarakat untuk mencegah terjadinya potensi gangguan Kamtibmas.

“Lakukan segala daya upaya agar seluruh rangkaian dan tahapan pemilu ini dapat berjalan dengan aman dan kondusi,” ungkap Kapolres AKBP Wisnu.(Ali Makhfud)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.