Adik-adik Komunitas Dinding Manado Dibekali Cara Cerdas Bermedia Sosial

Bagikan Artikel Ini:

Manado, beritatotabuan.com – Sebanyak 27 anak pedagang Pasar Bersehati Manado, yang merupakan binaan komunitas Dinding Manado dibekali pengetahuan tentang cara cerdas bermedia sosial, di Yonif Raider 712/Wt, Bailang, Kecamatan Bunaken, Minut, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Pengetahuan itu, diberikan langsung oleh presenter TVRI Sulut, Chetiza Lumingkewas saat menjadi pembicara dikegiatan Tahunan Dinding Manado, yakni Summer Camp. “Media sosial adalah tempat berinteraksi melalui dunia digital,” ungkapnya.

“Adik-adik harus bersyukur karena era saat ini sudah canggih, dan bisa berinteraksi satu dengan yang lainnya,” ucapnya.

Menurutnya, media sosial sangat penting, dimana setiap orang bisa berbagi cerita dan mengenal teman yang baru. “Intinya media sosial ini banyak manfaatnya, baik itu Facebook, instagram, YouTube, dan tiktok,” terangnya.

“Namun, ada dampak negatifnya jika disalah gunakan, dimana adik-adik sudah tidak dengar-dengaran kepada orang tua saat disuruh. Karena, terlalu sibuk dengan games,” jelasnya.

Sambungnya, jangan sampai sibuk dengan games, Facebook, dan tiktok sampai menjauhkan yang dekat, dan mendekatkan yang jauh. “kemudian, adik-adik jangan sampai memberikan komentar yang tidak biak ke teman-teman lainnya di Sosial media. Jangan pula sembarang posting atau repost berita yang belum tau kebenarannya,” imbuhnya.

“Baiknya, kita menggunakan media sosial yang beretika dan bijak, seperti memposting hal positif yang kita sukai, diantaranya bernyanyi dan menggambar,” tambahnya.

Diakhir materinya, Lumingkewas memperlihatkan pengalamannya saat liputan, dan membuat tulisan diberbagai tempat di Sulut.

Sedangkan peserta Summer Camp, Kesya ishak (14) kepada awak media mengatakan, dirinya sangat senang dengan pengetahuan yang diterima hari ini. “Kita senang dengan materi ini. Karena, dibekali tentang cara menghindari hoax di media sosial,” jawabnya.

“Kemudian, diajarkan juga tentang bermedia sosial yang baik dan bijak,” pungkasnya.

Summer Camp di tahun 2022 ini bertemakan “Karena Kamu Berarti.” Iblz

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.