Bupati Tapanuli Utara Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah

Bagikan Artikel Ini:

Bupati Tapanuli Utara Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah

BERITATOTABUAN.COM, TAPANULI UTARA -Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Indra Simaremare, M.Si,  Forkopimda Tapanuli Utara,  Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Utara dan Pimpinan Perangkat Daerah yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Senin 30 Januari 2023 pagi tadi, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara daring melalui zoom yang  dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara.

Rapat koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah tersebut bertujuan membahas langkah konkret pengendalian inflasi di daerah sebagai tindak lanjut arahan Presiden Republik Indonesiauntuk Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi pada Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023.

Untuk menindaklanjuti Pengendalian Inflasi Daerah, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan menginstruksikan pimpian OPD beberapa hal, diantaranya  Mensosialisasikan Instruksi Bupati Nomor 35 Tahun 2022 tentang Pemanfaatan Lahan  Kosong di Pekarangan melalui penanaman tanaman pangan disekitar lingkungan rumah,  lingkungan kantor dan rumah-rumah ibadah; “Selain itu kami berharap agar OPD melaksanakan dan melaporkan program pertanaman padi sawah, padi gogo, cabai merah  dan bawang merah dalam menjaga ketersediaan pasokan pangan, serta  melaksanakan dan melaporkan capaian program penangkaran bawang merah di Kabupaten Tapanuli Utara, juga m elaksanakan program pembinaan kelompok tani dalam hal menjaga ketersediaan dan  produksi komoditas pangan,” jelas Bupati Tapanuli Utara.

OPD juga kata Bupati diminta untuk membuat analisa kebutuhan dan ketersediaan daging, ikan tawar, susu, dan telur di  Kabupaten Tapanuli Utara, dengan mengaktifkan kembali Satgas Pangan Kabupaten Tapanuli Utara dan berfokus pada  program Pengendalian Inflasi Daerah di Kabupaten Tapanuli Utara. “Kami juga meminta OPD terkait untuk membuat program pasar murah dalam rangka antisipasi lonjakan harga bahan pangan  menjelang hari besar keagamaan, serta melaksanakan dan melaporkan Perlindungan Sosial kepada masyarakat miskin dan rentan melalui pemberian bantuan yang bersumber dari APBN maupun APBD, dan melakukan dan melaporkan monitoring harga 20 komoditas pangan terpilih dalam  mengendalikan inflasi.

Masih kata Bupati, OPD terkait juga diminta untuk melakukan sidak pasar untuk mengetahui kondisi ketersediaan dan harga bahan pangan. “Serta yang tidak kalah penting adalah OPD kami minta melaporkan program pembangunan jalur distribusi dalam rangka pengendalian inflasi di Kabupaten Tapanuli Utara,” tuturnya.

Bupati Nikson Nababan berharap langkah-langkah konkret Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam menekan laju  inflasi berhasil, dan manfaatnya dapat dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. (Reno Hutabarat)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.