ADV2 ADV2 ADV2

DPRD Bolmut Minta Pemerintah Lestarikan Budaya dan Bahasa Daerah

Share This:

Mahmud Tegela

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Kelestarian budaya serta bahasa daerah di Kabupaten Bolmong Utara mendapatkan perhatian yang serius dari DPRD Kabupaten Bolmong Utara. Kepada sejumlah awak media, salah satu anggota DPRD Kabupaten Bolmong Utara Mahmud Tegila meminta agar instansi teknis terkait bisa melestarikan budaya dan bahasa daerah tersebut, lewat sejumlah program yang disusun oleh eksekutif.

“Untuk menjaga kelestarian budaya dan bahasa daerah itu harus dimulai sejak dini, kepada para siswa. Untuknya, kami minta agar hal tersebut bisa ditindak lanjuti oleh instansi teknis terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Bolmut,” ucap Mahmud.

Mahmud mengatakan, sejauh ini budaya serta bahasa daerah terus tergerus dengan kemajuan informasi dan teknolgi. “Sementara idealnya ketika kemajuan teknologi ini bisa kita maksimalkan, sebenarnya akan menguntungkan juga untuk melestarikan budaya dan bahasa daerah,” tambahnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolmut Nazarudin Maloho saat dikonfirmasi mengatakan, kalau pihaknya telah mengeluarkan edaran terkait dengan penggunaan bahasa daerah pada hari—hari tertentu di sekolah. “Ini sudah jadi kewajiban. Nantinya, direncanakan Hari Kamis seluruh instansi terlebih sekolah wajib menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi,” imbuh Maloho. (indra piring)

author

Author: