ADV2

Warga Diminta Periksakan Hewan Kurban di Boltim Sebelum Disembelih

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi Penyembelihan Hewan Kurban

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Warga di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, diminta untuk bisa memeriksakan kondisi hewan kurban yang akan disembelih pada instansi teknis terkait di daerah itu, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Boltim.

Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Bidang Peternakan Dispertanak Boltim, Moch Insani seraya menyebut kalau sebelumnya, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran terkait hal tersebut ke seluruh Pemerintah Kecamatan yang ada di daerah itu. “Kita telah mengirimkan edaran ke tujuh kecamatan, yang meminta agar pemilik hewan maupun pembeli hewan kurban, sebelum disembelih memeriksakan kondisi hewan tersebut apakah layak dikonsumsi atau tidak ke kami,” ucap Insani.

Hal tersebut dikatakan Insani dilakukan, agar keamanan masyarakat  yang menerima hewan kurban tersebut bisa terjaga dari segala bentuk virus maupun penyakit yang bisa saja berada dalam hewan yang akan disembelih. “Nanti aka nada tim yang turun untuk memeriksa kondisi hewan kurban tersebut, agar masyarakat nyaman dalam mengkonsumsi daging hewan kurban itu nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, terkait dengan jumlah hewan kurban yang akan disembelih nanti di daerah itu, Kepala Dinas Kominfo Boltim Hamdi Egam mengatakan kalau pihak pemerintah masih melakukan pendataan hingga saat ini. “

Terpisah dikatakan Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Moch Insani, untuk hewan qurban, pihaknya telah melayangkan edaran ke pemerintah wilayah di tujuh kecamatan. “Kita masih menginventarisir, termasuk juga jumlah hewan kurban di setiap OPD yang ada di Pemkab Boltim,” ucap Hamdi. (mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.