Pimpinan Dan Legislator Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda ke Warga

Bagikan Artikel Ini:

Pimpinan Dan Legislator Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda ke Warga

BERITATOTABUAN.COM, SULUT –Jajaran pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diketahui tengah turun ke setiap Daerah Pemilihan (Dapil), untuk melakukan Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Sosranperda) Provinsi Sulawesi Utara yang dimulai sejak tangga 13 hingga 30 November 2023.

Pimpinan Dan Legislator Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda ke Warga

Pimpinan dan anggota DPRD Sulut yang berjumlah 43 personil anggota dewan ini mensosialisasikan ranperda tentang Pemberdayaan Kepemudaan kepada masyarakat sulut. dimana Pemuda menurut penjelasan adalah Warga Negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) tahun sampai dengan usia 30 (tiga puluh) tahun.

Seperti yang dilakoni oleh Wakil Ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) James Artur Kojongian, ST, MM di Kabupaten Minahasa Desa Tanawangko. Politisi Golkar ini menghadirkan narasumber Nikky Lumingas SH MH dengan materi tentang Pemberdayaan Pemuda di Sulawesi Utara.

Pimpinan Dan Legislator Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda ke Warga

JAK dihadapan para warga Tanawangko yang hadir dalam menjelaskan soal pemberdayaan Pemuda yang ada di Sulut mengatakan bahwa Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri dan cita-cita pemuda.

Tak hanya JAK, Legislator dari dapil kota Manado seperti Yongkie Limen, H Amir Liputo, Arthur Kotambunan, dan Hilman Idrus juga melakukan hal yang sama di wilayah Sawangan, Kecamatan Tombulu, Minahasa.

Pimpinan Dan Legislator Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda ke Warga

Seperti yang dilakukan oleh legislator daerah pemilihan (dapil) Kota Manado Yongkie Limen menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi Unsrat Toar Palilingan, SH, MH. Dalam pemaparan Dosen Fakultas Hukum ini dengan materi Pemberdayaan Pemuda. Pakar hukum ini mengupas tuntas soal Sosranperda ini kepada masyarakat yang hadir.Dalam sosialisasi tersebut terjadi komunikasi dua arah atau tanya jawab seputar materi sosialisasi.

Sementara, anggota dewan H Amir Liputo yang melakukan sosranperda di ruang serbaguna DPRD Sulut pun tak luput dari pertanyaan yang diajukan oleh para warga yang hadir.

“Apakah ranperda ini reinkarnasi dari karang taruna?,” tanya Aditiya Pratama salah satu warga yang terundang.

Pimpinan Dan Legislator Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda ke Warga

Menanggapi pertanyaan itu secara tegas dikatakan H Amir Liputo bahwa Ranperda tersebut bukan reinkarnasi dari Karang Taruna.

Wakil rakyat lainnya seperti Hilman Idrus juga menggelar Sosialisasi rancangan peraturan daerah (Sosranperda) di Desa Sawangan, Kecamatan Tombulu Minahasa. Rabu (15/11/2023). Politisi PDIP Sulut ini menyiapkan nara sumber Luccy O Rattu yang menyampaikan materi tentang Pemberdayaan Pemuda.

Peserta yang hadir pada sosranperda turut mengambil bagian dalam diskusi sekaligus memberikan pertanyaan kepasa nara sumber terkait dengan materi yang sudah disampaikan narasumber.

Pimpinan Dan Legislator Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda ke Warga

Tak hanya wakil rakyat dari Kota Manado, para anggota dewan dari dapil Bitung-Minut juga melakoni hal yang sama. Seperti yang dilakukan oleh personil komisi I DPRD Sulut Fabian Kaloh dan Herry Rotinsulu yang menggelar sosranperda di kelurahan Pakadoodan, Kota Bitung da Herry Rotinsulu di kabupaten Minahasa Utara

Dalam pemaparannya politisi PDiP sulut memberikan gambaran soal pemberdayaan Pemuda yang menjadi pokok materi Sosranperda tersebut.

Sosranperda yang digelar oleh Fabian Kaloh dihadiri Sekretaris Dewan (Sekwan) Sandra Moniaga dan Kepala Bagian Kepegawaian dan Persidangan Jerry Christofel Hamonsina dengan kegiatan monitoring kegiatan Sosranperda.

Pimpinan Dan Legislator Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda ke Warga

Sementara itu, para wakil rakyat dari dapil Bolaang Mongondow Raya (BMR) juga melakoni hal yang serupa. Seperti yang ditunjukan oleh srikakandi DPRD Sulut Nursiwin Dunggio, Hj Muslimah Mongilong, Yusra Alhabsyi dan Alfian Bara yang melakukan sosranperda di Desa Motongkad Boltim, di Desa Pangia, Kecamatan Helumo Bolsel dan, Kecamatan Bolaang kabupaten Bolaang Mongondow.

Pimpinan Dan Legislator Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda ke Warga

Srikandi dari partai PAN ini menghadirkan narasumber Amalia Landjar, dengan materi Pemberdayaan Pemuda. Selasa (21/11/2023) , yang dihadiri masyarakat yang ada di Desa Motongkad.

Sama halnya juga dengan politisi PDIP Hj Muslimah Mongilong yan melaksanakan kegiatan Sosranperda, Senin (20/11/2023) lalu. Materi yang disampaikan nara sumber Suhartini Damo Pemberdayaan Pemuda. Sosialisasi ini dihadiri masyarakat di Desa Helumo Bolsel. Yusra Alhabsyi juga melaksanakan Soranperda Sosialisasi rancangan peraturan daerah ini kepada masyarakat Tentang Pemberdayaan Pemuda. Yang pelaksanaan sosialisasi di gelar di Kecamatan Bolaang, Bolaang Timur (Boltim) Minggu (19/11/2023).

Dalam kesempatan berbeda, kegiatan Sosialisasi Ranperda dari Anggota DPRD Sulut dari Partai PKB Yusra Alhabsyi ini dihadiri masyarakat di Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow. (advertorial)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.