Layanan KB Gratis di Kotamobagu Berlangsung Hingga Pekan Depan

Bagikan Artikel Ini:

 

Ilustrasi KB Gratis

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Sejumlah kegiatan dan program dalam rangka peringatan Hari Ibu rahun 2023 ini digelar oleh Pemerintah Kota Kotamobagu.
Salah satunya adalah dengan menggelar pelayanan KB gratis ke warga.
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Kelurag Berencana, lewat Kepala Bidang KB Meliana Baderan kepada awak media, seraya mengatakan kalau pelaksanaan layanan KB Gratis tersebut telah digulir mereka sejak tanggal 21 November 2023 lalu. “Pelayanan ini dalam rangka peringatan Hari Ibu ke 95 tahun 2023 ini, yang mana layanan KB Gratis ini akan berlangsung hingga tanggal 3 Desember 2023 nanti,” ungkapnya.
Dirinya menambahkan, selain menggelar pelayanan KB serentak, juga dilaksanakan pencanangan Gerai Yansus dan KB Perusahaan tahun 2023.
“Untuk wilayah Sulawesi Utara sendiri, pelayanan KB gratis tersebut dilaksanakan secara serentak di 15 Kabupaten/Kota selama 2 pekan.
Masih menurutnya, untuk target akseptor di Kota Kotamobagu dalam program tersebut yakni sebanyak 447 akseptor.
“Hasil pelayanan hari ini langsung diinput melalui sistem informasi keluarga atau SIGA. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama tim, mulai bidan hingga kader PPKB dan Sub PPKBD selaku ujung tombak di lapangan,” tuturnya.
Adapun tempat pelayanan KB gratis tersebut kata Meli, dipusatkan di Gerai Yansus yang berada di halaman PKM Motoboi Kecil. “Prosedur untuk mendapatkan pelayanan ini masih seperti biasa, koordinasi dengan puskesmas dan pemerintah setempat. Ada juga akseptor yang melalui penyuluh dalam hal ini PPKB dan Sub PPKBD. Selain itu, layanan ini juga dipublikasikan langsung di tiap desa dan kelurahan serta lewat media sosial,” tutupnya. (junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.