Sekda Sofyan Mokoginta : Kontribusi Sektor Pertanian di Kotamobagu Sebesar 8,27 Persen

Bagikan Artikel Ini:

 

Sekda Sofyan Mokoginta : Kontribusi Sektor Pertanian di Kotamobagu Sebesar 8,27 Persen

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta mengatakan kalau kontribusi sector pertanian di daerahnya cukup signifikan.

Hal ini diungkapkan Sekda Sofyan Mokoginta SH MM, saat membuka kegiatan sensu pertanian yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di Sutan Raja Hotel Kotamobagu, pada Kamis 25 Mei 2023.

Menurut Sekda, Sektor pertanian ini sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan di daerah maupun nasional. “Kita ketahui bersama bahwa kontribusi sektor pertanian untuk nasional adalah sebesar 12 persen, kemudian kontribusi sektor pertanian di Kotamobagu itu pada tahun 2022, adalah 8,27 persen dengan pertumbuhan 6,84 persen, artinya sektor pertanian masih berperan sangat penting di dalam pertumbuhan ekonomi di Kotamobagu,”jelasnya

Oleh karena data yang akurat sangat penting untuk melakukan perencanaan. “Agar kita ketika kita melakukan intervensi atau penanganan-penanganan itu bisa tepat, maka dari itu semua memerlukan data yang akurat,” tegasnya.

Sekda menambahkan kalau sebelumnya bapak Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa akurasi pembangunan, akurasi perencanaan itu tergantung dari akurasi dari data. “Oleh karena itu maka sensus ini dilaksanakan dalam periode 10 tahun dan hari ini adalah yang ke 7, dari pelaksanaan sensus pertanian juga menjadi sangat penting, mengingat dari kegiatan ini kita semua akan mendapat gambaran secara komprehensif terkait kondisi pertanian di Indonesia hingga wilayah terkecil,” tuturnya.   (*/junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.