Tingkatkan Kualitas, Penghasil Kopi Totabuan Belajar Hingga ke Jawa Barat

Bagikan Artikel Ini:

 

Penghasil Kopi

Para Penghasil Kopi Totabuan saat berada di Malabar Coffee Jawa Barat

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Kualitas biji kopi di wilayah Bolaang Mongondow Raya, rupanya terus menjadi perhatian para penghasil kopi totabuan yang tergabung dalam Coffee Assosiation Of Totabuan (CAT).

Lihat saja, belum lama ini sejumlah penghasil kopi di daerah tersebut telah melakukan pembelajaran hingga ke Pegunungan Malabar Provinsi Jawa Barat, guna lebih memperdalam tata cara pengolahan kopi, agar menghasilkan cita rasa yang lebih berkualitas. “Banyak hal yang akan kita pelajari, dimulai dari penyiapan bibir, penanaman, pemeliharaan, hingga ke teknologi budidaya kopi agar lebih baik dari sebelumnya,” ujar ketua CAT Kotamobagu Egi Kurniawan Mokodompit, yang juga adalah pemilik Red Corner Coffee Kotamobagu, Rabu (23/10/2019)

Sementara itu, anggota CAT lainnya yakni Yudi, yang merupakan oener Biji Merah Coffee di kelurahan Kotobangon, menambahkan kalau pihaknya telah mengunjungi perkebunan kopi milik pak Nuri di Pegunungan Malabar tersebut. “Hasil perkebunan kopi dari pak Nuri ini sudah sampai di export, dimana tentu ini menjadi motivasi kami agar hasil perkebunan kopi di Kotamobagu juga bisa setara dan mengekport keluar negeri,” tambahnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.