Wali Kota Tatong Bara Ikut Pungut Sampah Pada World Cleanup Day

Bagikan Artikel Ini:

 

Wali Kota Tatong Bara Ikut Pungut Sampah Pada World Cleanup Day

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, menghadiri dan ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih dan pilah sampah untuk memperingati Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Cleanup Day (WCD) tahun 2023, Sabtu (16/9/2023), yang dipusatkan di Lapangan Torotakon, Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Dalam sambutannya Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panita pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat baik ini.

“Mereka gigih dan terus menerus menggalang dukungan agar kegiatan hari ini dapat terlaksana, bagian dari kegiatan dunia tentang kebersihan dan tentu mereka sangat konsen, anak-anak muda yang kemudian mau dan terpanggil untuk melaksanakan kegiatan dunia ini di Kotamobagu,” kata Wali Kota.

Wali Kota Tatong Bara Ikut Pungut Sampah Pada World Cleanup Day

Permasalahan sampah lanjut Wali Kota, menjadi problem dunia termasuk sampah plastik yang menjadi bahan berbahaya yang ratusan tahun tidak terurai dalam tanah.

“Olehnya gerakan kita untuk bersih-bersih sedunia ini saya rasa Kotamobagu sudah ditandai dengan 9 kali Adipura, tentu kegiatan ini akan terus kita gelorakan termasuk hari ini adalah hari bersih-bersih dunia, membangun komunitas global tentang kebersihan, bagaimana pengendalian sampah dan juga meningkatkan kesadaran kita semua agar sampah tidak akan menjadi problem lagi di Kotamobagu,” ucap Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat karena di setiap sudut wilayah Kota Kotamobagu, kebersihan sudah terjaga dengan sangat baik.

“Alhamdulillah kita semua dapat menikmati kebersihan di setiap wilayah Kotamobagu dan ini muncul dari kesadaran masyarakat. Olehnya sekali lagi dalam kesempatan yang sangat baik ini saya menitipkan Kotamobagu. Mari kita jaga dengan sebaik-baiknya, terutama kesadaran kita bersama dalam menjaga kebersihan. Orang luar yang datang berkunjung ke Kotamobagu, pertama yang dikomentari adalah Kota ini bersih. Siapapun yang mencintai dan menyayangi Kotamobagu akan menjaga Kotamobagu agar terus menjadi kota yang sehat, nyaman serta menjadi kota yang layak untuk dikunjungi dengan slogan Lipu Modarit Lipu Mosehat,” ujar Wali Kota.

Kehadiran seluruh masyarakat dalam kegiatan bersih-bersih sedunia hari ini, kata Wali Kota, bukan semata-mata untuk memenuhi undangan pantia. Tapi juga ingin membangun komitmen dan semangat lagi untuk membangun komunitas yang lebih besar yaitu komunitas global terkait kebersihan.

“Mari kita kembali bertamya ke diri kita sendiri, akankah lingkungan ini akan menjadi lingkungan yang membuat kita sehat atau tidak? Mari kita tingkatkan kesadaran kita bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dari sampah timbul berbagai penyakit, dari sampah timbul problem,” ungkap Wali Kota.

Kegiatan World Cleanup Day ini turut dihadiri Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol. Inf. Topan Angker, S.Sos., Kapolres Kotamobagu AKBP. Dasveri Abdi, SIK., para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah beserta jajaran, para Camat, Lurah dan Sangadi, Ketua Panitia Pelaksana Enji Larashati Mokodompit beserta seluruh jajaran panitia, serta masyarakat Kota Kotamobagu. (junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.