Bupati Asahan Berikan Makanan Tambahan Kepada 500 Anak SD Di Kelurahan Selawan.

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, ASAHAN.

Bupati Asahan melalui staff ahli, Elfina br Tarigan, MKT memberikan makanan tambahan kepada 500 anak sekolah dasar (SD) yang terdiri dari 400 anak SDN 010086 Selawan dan 100 anak SDN 010099 Selawan, Kamis (14/12).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan, H. Ali Mughofar, S.Sos, MAP menjelaskan pemberian makan tambahan anak sekolah (PMT-AS) merupakan pemberian makanan kepada peserta didik sekolah dasar dalam bentuk kudapan yang aman dan bergizi, dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan.

“Perlu diketahui, gizi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan tumbuh kembangnya anak secara optimal,” ucap H Ali Mughofar.

Dirinya mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki asupan gizi, memperbaiki ketahanan fisik, meningkatkan kehadiran dan minat belajar, meningkatkan kesukaan akan akan makanan daerah yang bergizi.

“Pemberian makanan tambahan untuk memperbaiki perilaku bersih dan sehat termasuk kebiasaan makan yang sehat, meningkatkan partisipasi masyarakat, menambah pendapatan masyarakat melalui peningkatan penggunaan produksi setempat,” jelasnya.

Ali menyampaikan adapun sejumlah paket makanan tambahan yang diberikan kepada anak sekolah terdiri dari makanan lengkap (nasi, lauk, sayur dan buah), nugget ayam brokoli, susu, jus buah, bubur kacang hijau dan telur ayam rebus sebanyak 500 paket.

Bupati Asahan melalui Staf Ahli Bupati Asahan, Elfina br Tarigan menjelaskan kekurangan gizi pada periode emas dapat menyebabkan berbagai masalah seperti masalah gagal tumbuh sehingga anak menjadi (stunting).

“Berdasarkan data SSGI tahun 2022 menunjukan prevalensi stunting di Kabupaten Asahan sebesar 15,3 % dan gizi kurang 10,6 %. Masalah kekurangan gizi pada anak-anak dalam proses tumbuhkembang masih sangat tinggi, oleh karena itu program PMT-AS, menjadi salah satu upaya percepatan pencapaian dalam pembangunan nasional, terkait pengentasan masalah gizi pada anak sekolah,” ujarnya

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Asahan, mewakili Dandim 0208/Asahan, OPD, Lurah Selawan, Kepala Sekolah UPTD SDN 010086 Selawan, Kepala UPTD SDN 010099 Selawan, Ketua DWP Kabupaten Asahan beserta pengurus, Pengurus TP PKK Kabupaten Asahan, para siswa dan tamu undangan lainnya.

(DEDDY)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.