Grup RS Siloam Lanjutkan Program Skrining Kanker Payudara Gratis ‘SELANGKAH’ di Tahun Kedua

Bagikan Artikel Ini:

Jakarta, beritatotabuan.com – Grup RS Siloam mengumumkan kelanjutan program SELANGKAH (SEmangat LAwan KAnker) tahun kedua, yang menawarkan skrining payudara gratis untuk wanita Indonesia dengan menggunakan alat mamografi.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker payudara dan menyediakan akses kesehatan bagi mereka yang berada di daerah terpencil atau memiliki kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan.

Sejak dimulainya program SELANGKAH pada tahun 2023, lebih dari 12.000 wanita dari 65 desa dan komunitas telah menjalani skrining payudara, dengan 9% di antaranya terindikasi mengidap kanker payudara.

Kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian utama di kalangan wanita, dan deteksi dini serta perawatan yang tepat dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit ini secara signifikan.

Dalam rangkaian program SELANGKAH 2024, Grup RS Siloam menargetkan skrining payudara gratis untuk 50.000 wanita di Indonesia. Program ini akan dilaksanakan di 14 rumah sakit Siloam yang tersebar di 12 kota, termasuk Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Palembang.

Selain menyediakan layanan skrining, program SELANGKAH juga akan memberikan penyuluhan tentang faktor risiko kanker payudara, tanda dan gejala yang perlu diperhatikan, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil. Pada tahun 2023, lebih dari 45.000 wanita berpartisipasi dalam kegiatan edukasi ini.

Grup RS Siloam mengajak perusahaan, komunitas, dan individu untuk mendukung program SELANGKAH 2024 melalui donasi dan sponsor. Para kontributor dapat memilih untuk mendukung satu desa atau area tertentu, mensponsori individu, atau menyumbangkan dana secara umum untuk mendukung program ini.

Caroline Riady, Managing Director Grup RS Siloam, mengungkapkan harapannya agar program SELANGKAH dapat membantu lebih banyak wanita Indonesia untuk mendapatkan akses skrining kanker payudara yang merupakan kunci untuk meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini.

Program ini juga merupakan langkah menuju Indonesia yang lebih sehat, di mana setiap individu dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih cepat dan lebih baik. irz*

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.