KPU Kotamobagu Mulai Gulir Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Bagikan Artikel Ini:

KPU Kotamobagu Mulai Gulir Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu, Jumat 1 Maret 2024 pagi tadi, mulai menggulir pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024.

Bertempat di Ruang Paloko Sutan Raja Hotel Kotamoagu, Rapat pleno tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Kotamobagu Mishart Manoppo, dan didampingi oleh 4 Komisioner KPU masing-masing Hairun Laode, Ilmi Paputungan, Heriyana Amir dan Ivan Tandayu serta Sekretaris KPU Frans Manoppo.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Kotamobagu, Mishart A. Manoppo menyampaikan, kalau pleno tersebut direncanakan akan digelar selama 3 hari hingga 3 Maret 2024 mendatang. “Rapat pleno hari ini adalah rangkaian dari proses rekapitulasi pungut hitung di tanggal 14 Februari. Mulai dari pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi berjenjang dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten/kota. Selanjutnya provinsi hingga nasional,” ujarnya.

Mishart pun berharap pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu di tingkat Kabupaten/Kota ini dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Insya Allah, hari ini kita mulai rapat rekapitulasi dan hari ini kami menjadwalkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Kotamobagu Selatan dan Kecamatan Kotamobagu Utara. Besoknya akan dilanjutkan untuk Kecamatan Kotamobagu Timur dan Barat,” ungkapnya.

Di sisi lain, Komisioner yang memiliki segudang pengalaman dalam bidang penyelenggara pemilu ini, mengungkapkan harapannya agar dinamika yang tercipta sejak tanggal 14 Februari tidak lagi terungkap dalam agenda rapat pleno tingkat kabupaten/kota.

“Namun demikian, hal ini bukan berarti membatasi pendapat, tanggapan dalam proses rekapitulasi,” tuturnya

Tidak lupa, Mishart pun menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kota Kotamobagu.

“Terima kasih kepada pak Wali Kota, Kapolres, Dandim, seluruh jajaran pemerintahan daerah, mulai dari tahap awal hingga hari ini, yang telah memberikan dukungan penuh untuk suksesnya Pemilu di Kotamobagu,” paparnya.

Ia mengatakan, KPU dan Bawaslu merasakan betul antusias dari seluruh stakeholder, peserta Pemilu dan masyarakat dalam mengikuti Pemilu pada 14 Februari.

“Hal ini ditandai tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu tahun 2024 di Kotamobagu mencapai 82 persen. Ini menjadi kesimpulan bahwa suksesnya penyelenggaraan pemilu salah satunya adalah partisipasi masyarakat,”tandasnya.

Turut hadir dalam pembukaan pleno rekapitulasi tersebut, Penjabat Wali Kota Kotamobagu DR Drs Hi Asripan Nani MSi, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Jifly Z Adam SH MH, unsur Forkopimda, serta Ketua Bawaslu Kotamobagu Yunita Mokodompit bersama jajaran pimpinan dan staff Bawaslu Kotamobagu. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.