Inilah Beberapa Pesan Ketua PWI Sumut Saat Membuka Seleksi Penerimaan Anggota Muda.

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, SUMUT.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara didampingi sejumlah unsur pengurus secara resmi membuka kegiatan seleksi penerimaan anggota muda Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara di Hotel Madani Medan, Sabtu (16/12).

Pada kesempatan tersebut, Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik merasa bangga terhadap para peserta yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Perlu saya sampaikan, untuk menjadi anggota PWI Sumut butuh perjuangan dan proses yang harus dijalankan. Kalau saudara lulus, berarti saudara memang wartawan dan layak menjadi anggota PWI,” jelasnya.

Untuk menjadi anggota PWI itu, lanjut H Farianda, setiap calon anggota harus melalui proses seleksi seperti ini.

“Dalam hal ini, saya sendiri tidak dapat membantu saudara agar bisa lulus menjadi anggota. Menurut saya, ada faktor penting yang akan menentukan lulus atau tidaknya kita dalam ujian kali ini yaitu kemampuan menulis suatu karya jurnalistik/berita dan kemampuan kita dalam mengetahui seputar dunia jurnalistik,” ucapnya.

Menurut H Farianda, praktek copy paste dalam suatu pemberitaan itu sangat diharamkan / dilarang.

“Karena setiap wartawan itu diharuskan bisa menulis berita, bukan menjiplak hasil karya orang lain. Saya berharap kepada kita semua yang memiliki profesi sebagai wartawan agar tidak melakukan copy paste suatu pemberitaan,” tegasnya.

Ketua PWI Sumut mengungkapkan ada beberapa keuntungan apabila bergabung menjadi anggota PWI yaitu setiap anggota PWI akan didaftarkan di BPJS tenaga kerja.

“Selain itu, adanya program protect / perlindungan terhadap seluruh anggota PWI apabila nantinya ada permasalahan seputar pemberitaan maupun adanya tindakan kriminalisasi terhadap wartawan anggota PWI,” katanya.

Dirinya berharap dikemudian hari agar lahir seorang penulis / wartawan di wilayah Sumatera Utara yang nantinya mendapat penghargaan Adinegoro

“Penghargaan Adinegoro ini memang sudah lama dirindukan oleh orang Sumut, karena sebelumnya sudah banyak tokoh-tokoh wartawan yang sudah pernah mendapatkan penghargaan tersebut,” ungkapnya sembari mengakhiri pembicaraan.

Masih menurut Farianda, kedepannya, kegiatan penerimaan anggota muda PWI akan dibatasi

“Hal itu dikarenakan saat ini jumlah anggota PWI Sumut sudah over. Saat ini , jumlah anggota PWI Sumut sudah mencapai 800 orang,” paparnya.

H Farianda selaku Ketua PWI Sumut menambahkan jika kedepannya, pihak PWI Sumut akan lebih mengutamakan pendidikan dan pelatihan budaya untuk proses seleksi penerimaan anggota muda PWI Sumut.

(DEDDY)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.