Puluhan Tahun Sebagai Politisi, James Sumendap Terbukti Mampu Layani Rakyat Sulut

Bagikan Artikel Ini:

Puluhan Tahun Sebagai Politisi, James Sumendap Terbukti Mampu Layani Rakyat Sulut

BERITATOTABUAN.COM, SULUT -Banyaknya figur yang berseliweran menjelang kontestasi politik berupa Pemilu di tahun 2024 nanti, membuat warga harus benar-benar selektif dalam menentukan pilihan, agar wakil rakyat yang mereka pilih benar-benar bisa membawa dan melayani masyarakat dengan menyuarakan aspirasi kepentingan masyarakat.

James Sumendap sebagai salah satu politisi yang saat ini maju sebagai Calon DPR RI jomor Urut 3 dari PDIP, merupakan salah satu politisi yang susah membuktikan kerja kerja pelayanannya untuk masyarakat.

Menjejaki karir sekira 25 tahun sebagai seorang politisi, dengan menduduki posisi sebagai anggota Deprov Sulut selama 2 periode, dan terpilih menjadi Bupati Minahasa Tenggara selama 10 tahun lamanya, merupakan salah satu indikator kalau sosok James Sumendap, benar benat dicintai rakyat yang ada di Sulawesi Utara.

Saat menjadi anggota DPRD Provinsi Sulut selama 2 periode, sosok James Sumendap diketahui cukup banyak memgawal kepentingan masyarakat Sulut, terutama dalam hal pendidikan, kesehatan, infrastuktur daerah, hingga kesrjahteraan masyarakat.

Puluhan Tahun Sebagai Politisi, James Sumendap Terbukti Mampu Layani Rakyat Sulut

Hal ini terbukti, dimana saat James Sumendap maju sebagai Calon Bupati Minahasa Tenggara, dirinya dengan mudah meraih simpati dan dukungan rakyat, dan berhasil memenangkan dan terpilih sebagai Bupati Mitra.

Saat menjadi kepala daerah di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) misalnya, James Sumendap kemudian memunculkan ide alokasi anggaran satu miliar satu desa atau Samisade yang kemudian menjadi viral dan dikenal luas di awal kepemimpinannya tahun 2013 silam.

Tak berhenti sampai di situ, program lainnya yang benar-benar menyentuh untuk kepentingan rakyat ia tunjukkan dengan program dana santunan duka bagi ahli waris warga yang meninggal yakni Rp 7 juta. Besaran dana duka ini menjadi yang terbesar untuk daerah tingkat dua di Indonesia.

“Keluarga yang berduka itu telah merasa sangat sedih ketika kehilangan orang yang mereka cintai. Kesedihan ini jangan lagi ditambah dengan beban untuk membiayai utusan-urusan terkait itu, seperti misalhya biaya makam dan lain-lain,” kata James Sumendap soal itu.

“Maka dari itu, kita harus ada di tengah-tengah kondisi rakyat, antara lain dengan memberikan dana santunan duka Rp 7 juta itu. Tak lain hal ini semata-mata untuk membantu meringankan beban keluarga,” tukasnya.

Program ini sontak disambut luar biasa oleh Masyarakat. “Memang bantuan ini mungkin tidak akan mengembalikan nyawa orang yang sudah meninggal, tetapi dana santunan duka ini sangat membantu bagi kami karena beban dan urusan menjadi lebih ringan karena perhatian dari pak James Sumendap,” kata Royke, salah seorang warga yang telah mengalami adanya dana bantuan duka ketika orangtuanya meninggal dunia.

“Figur seperti ini lah yang pantas kita dukung karena telah memberi bukti, sehingga kita pantas mendukung beliau bisa duduk sebagai anggota DPR RI,” sebutnya. (*)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.