DLH Apresiasi BUMDes Bersama Passi Timur

Bagikan Artikel Ini:

DLH Apresiasi BUMDes Bersama Passi Timur
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Apresiasi diberikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) kepada 7 desa yang ada di Kecamatan Passi Timur.

Apresiasi tersebut diberikan atas inisiasi 7 desa tersebut membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Dayanan, yang dibentuk untuk mengatasi masalah lingkungan yakni persoalan sampah.

“Dengan hadirnya BUMDes Bersama ini, otomatis membantu tugas-tugas DLH. Apalagi sekarang sampah-sampah di sana sudah dikoordinir dan dibuang langsung di TPA Inuai,” ungkap Kepala DLH Pemkab Bolmong, Abdul Latif, Selasa (01/09/2020) di Lolak.

Menurut Abdul, menindaklanjuti BUMDes tersebut, pihaknya juga memberi bantai armada pengangkut sampah selain apresiasi.

“Melalui Pemerintah Kecamatan, turut membantu kendaraan roda tiga untuk ikut pengangkutan sampah yang ada di lorong-lorong,” ucap Abdul.

Lebih lanjut dikatakan Abdul, pihaknya juga akan turut memberikan binaan termasuk edukasi tentang pengelolaan sampah hingga bisa menjadi sumber pendapatan.

“Saran dari kami nantinya ada bank sampah yang diusulkan lewat kecamatan melalui Musrenbang, agar nantinya dengan adanya bank sampah itu untuk mengelola sampah yang bisa bernilai ekonomi, seperti sampah-sampah botol plastik bisa dimanfaatkan lagi,” demikian Abdul.

Diketahui, 7 desa tersebut yakni, yakni Desa Poopo Induk, Poopo Barat, Poopo Selatan, Desa Pangian Barat, Pangian Tengah, Pangian Induk dan Desa Manembo. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.