Pemkab Boltim Bersama Kodim 1303 Bolmong Gelar Kegiatan Puncak Pelayanan KB

Bagikan Artikel Ini:

Asisten III Setda Drs. Hi. Rusmin Mokagow, Dandim 1303 Bolmong Letkol. Inf. Topan Angker bersama Kepala Dinas PPKB Rosita pobela saat foto bersama

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB), bersama jajaran Kodim 1303 Bolmong, menggelar kegiatan Puncak Pelayanan KB, dalam rangka TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan (TMKK) dan Hari Kontrasepsi Seduia (HKS) Tahun 2022, yang diselenggarakan pada Kamis 29 September 2022 bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Boltim.

Kegiatan yang dihelat BPPKB Boltim tersebut dihadiri oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si, yang diwakili oleh Asisten III Setda Drs. Hi. Rusmin Mokagow, Dandim 1303 Bolmong Letkol. Inf. Topan Angker, yang diwakili oleh Kepala Staff Kodim (Kasdim) 1303 Bolmong Mayor Arhanut Ahmad Janis, Kepala Perwakilan BKKBN Sulut melalui Koordinator Bidang KBKR Provinsi Sulut dr. Alfrida Bayang M.Kes, Kepala DPPKB Boltim Rosita Pobela SE, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Saifuddin Gobel S.KM, Sekretaris Dinas PPKB Boltim Nurtini Modeong SE, para Kepala Puskesmas se-Boltim, serta personil TNI 1303 Bolmong.

Mewakili sambutan Bupati, Asisten III Setda Boltim Drs. Hi. Rusmin Mokoagow mengatakan, program bangga kencana merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional, yang sangat penting dalam mencapai Sustainable Development Golds (SDGs) di bidang kesehatan.

Selanjutnya, program bangga kencana berkontribusi bukan hanya membatasi jumlah kelahiran, namun meningkatkan kualitas manusia diantaranya peningkatan gizi ibu dan anak, mutu tenaga kerja, produktivitas, tingkat pendidikan dan penurunan kemiskinan. “Sasaran umum program bangga kencana antara lain terkendalinya laju pertumbuhan penduduk, terkendalinya perkembangan reproduksi remaja, meningkatkan ketahanan keluarga, terbangunnya kelembagaan dan jaringan pengelolaan program KB,” ungkap Rusmin.

Asisten III Setda Drs. Hi. Rusmin Mokagow, Dandim 1303 Bolmong Letkol. Inf. Topan Angker bersama Kepala Dinas PPKB Rosita pobela saat foto bersama

Rusmin juga menjelaskan, keberhasilan dalam program KB tersebut bukan hanya keberhasilan pemerintah saja, akan tetapi merupakan keberhasilan bersama seluruh komponen kader KB yang ada dan stakeholder terkait melalui program-program lintas sektor/instansi yang bersifat koordinatif dan sinergis.

Realitas dilapangan memperlihatkan, bahwa kesadaran masyarakat untuk ber-KB, baik dalam memilih alat kontrasepsi dan menjadi peserta KB, serta mengarahkan keluarga-keluarga agar menjadi keluarga sejahtera dan berkualitas, merupakan proses panjang yang berkelanjutan, dan melibatkan para pemangku kepentingan, relawan, provider, serta adanya komitmen dari pemerintah maupun tokoh agama dan masyarakat,” terangnya.

Lanjutnya, untuk itu Rusmin mengajak semua elemen untuk mensukseskan kegiatan Pelayanan KB melalui TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan terpadu tahun 2022. “Melalui kegiatan TMKK ini, mari kita wujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat sehat berkualitas bebas stunting,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKB Boltim, Rosita Pobela SE, M.Si, mengucapkan terima kasih terhadap semua komponen yang ikut terlibat dalam kegiatan pelayanan KB dalam rangka TMKK dan Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2022.

Melalui kegiatan ini, Rosita berharap, pelayanan KB akan diterus meningkat dan angka stunting di Kabupaten Boltim akan menurun. “Terima kasih kepada Pak Bupati Boltim, seluruh jajaran TNI, serta semua stakeholder yang terlibat, kiranya telah membantu mensukseskan kegiatan ini. Semoga apa yang diharapkan dalam kegiatan ini akan terlaksana dengan baik untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Boltim,” ucapnya.

Sementara itu, diakhir kegiatan pihak Pemkab Boltim melalui Dinas PPKB memberikan piagam kepada Dandim 1303 Bolmong dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Boltim. Piagam tersebut merupakan penghargaan atas dedikasi serta kerjasama dalam pelayanan KB dan penanganan Stunting.

Reporter : Rifki Palengkahu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.